PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN JARAK TANAM YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT GAJAH VARIETAS PAKCHONG (Pennisetum purpureum cv. pakchong)

Stefanus Stefanus, Taufan Purwokusumaning Daru

Abstract


Rumput gajah pakchong (Pennisetum purpureum cv. pakchong) merupakan hijauan pakan ternak yang saat ini banyak diusahakan secara intensif dalam usaha peternakan sapi, penggemukan dan pembibitan sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan. Peningkatan produksi Rumput gajah pakchong dapat dilakukan dengan pemberian pupuk kandang dengan perlakuan pemupukandan jarak tanam yang tepat. Penelitian dilaksanakanbulan Juli 2021 – September 2021di lahan sekolah SMKSPPNegeriSamarinda. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 4 Perlakuan dan 3 ulangan. Parameter yang diamati Tinggi Tanaman, Lebar Daun, Jumlah Daun, Panjang Daun, Imbangan Berat Kering Daun dan Batang. Pemberian pupuk kandang feses sapi dengan dosis72 kg petak1 memiliki pengaruh yang lebih baik, Jarak tanam yang lebih baik yaitu 80 x 150 cm/perlakuan Terjadi interaksi antara pemberian pupuk kandang feses sapi dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan produksi Pennisetum purpureum cv. Pakchong. Pemberian pupuk 72 kg petak-1 dan jarak tanam 80 x 150 cm memberikan hasil terbaik.

Full Text:

PDF

References


Adelia, P. F., Koesriharti, K., & Sunaryo, S. (2013). Pengaruh penambahan unsur hara mikro (Fe dan Cu) dalam media paitan cair dan kotoran sapi cair terhadap pertumbuhan dan hasil bayam merah (Amaranthus tricolor L.) dengan sistem hidroponik rakit apung (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Dwidjoseputro. D. (1980). Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Gramedia. Jakarta. 200p.

Lingga, P. Dan Marsono. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Mihrani. (2008). Evaluasi Penyuluhan Penggunaan Bokashi Kotoran Sapi terhadap Pertumbuhan dan Produksi Rumput Gajah. Jurnal Agrisistem, 4(1), 18-27.

Mayadewi, N. N. A. (2007). Pengaruh jenis pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan gulma dan hasil jagung manis. Agritrop, 26(4), 153-159.

Mansyur, N. I., Pudjiwati, E. H., & Murtilaksono, A. (2021). Pupuk dan pemupukan. Syiah Kuala University Press.

Sugih, O. 2005. Variasi Adenium Agar Rajin Berbunga. Penebar Swadaya. Jakarta.

Syafruddin, S., & Saenong, S. (2006). Pemantauan kecukupan hara N berdasarkan klorofil daun pada tanaman jagung. Dalam: Proseding Seminar Nasional Jagung.

Vanis, R. I. (2007). Pengaruh pemupukan dan interval defoliasi terhadap pertumbuhan dan produktivitas rumput gajah (Pennisetum purpureum) di bawah tegakan pohon sengon (Paraserianthes falcataria). [Skripsi]. Bogor: Fakultas Peternakan IPB




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jpltrop.v6i2.8976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Peternakan Lingkungan Tropis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.