EVALUASI KINERJA REPRODUKSI KAMBING JAWARANDU BETINA KELAHIRAN KEMBAR DI KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA

Nur Hazizah, Surya Nur Rahmatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas kambing Jawarandu Betina berdasarkan lama siklus birahi, angka kawin per kebuntingan (S/C), dan jarak waktu dari saat induk beranak hingga saat beranak berikutnya (kidding interval). Penelitian ini dilaksanakan di peternakan kambing yang ada di Desa Lempake, Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu merupakan teknik pengambilan sampel dengan kriteria tertentu dan ditetapkan secara sengaja. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif lalu diambil kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa kinerja reproduksi kambing Jawarandu betina yang lahir kembar cukup baik yang dapat diartikan bahwa potensi reproduksi dapat dicapai secara maksimal. Dengan status reproduksi mempelihatkan siklus birahi 22 hari, nilai S/C normal yaitu 2 kali dengan Kidding Interval 208 hari, dan litter size sebesar 2.


Keywords


Jawarandu; Kambing; Kelahiran Kembar; Reproduksi

Full Text:

PDF

References


Adinegara. R. 2006. Penambahan etinil estradiol pada induksi evolusi menggunakan klomifen sitrat pengaruh terhadap nilai rheologi lendir serviks dan ketebalan endometrium.

Budisatria, I. G. S. 2006. Dynamics of Small Ruminant Development in Central Java Indonesia. Wageningen Agriculture University, Wageningen, The Netherlands, 144 pp.

Feradis. 2010. Bioteknologi reproduksi pada ternak. Bandung: peterbit alfabeta.

Hastang, Baba, S., Asnawi, A., Dagong, A. I. M,. 2018. Karakteristik Peternak Kambing Di Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Semnas persepsi III Manado.

Ilham, F., Laya, K.N., Daud. D., Nursali. F. 2019. Karakteristik sifat kualitatif dan kuantitatif kambing lokal di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Jurnal Ketahanan Pangan. Vol. 03. No. 2: 9-10.

Maesya, A dan Rusdiana, S. 2018. Prospek pengembangan usaha ternak kambing dan memacu peningkatan ekonomi peternak. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Vol. 07. No. 2 : 136-138.

Mardiati. SM. 2003. Kadar garam Na lendir serviks serta kadar garam Na dan K lendir mulut pada berbagai struktur daun pakis (tes ferning).

Norizan, Sumartono, Puspitarini, O.R. 2020. Analisis produktivitas kambing peranakan etawah (PE) berdasarkan litter size, tipe kelahiran dan mortalitas (article review). Jurnal dinamika rekasatwa. Vol.3 No.2: 15.

Sugiyono, 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R&D, Bandung : Alfabeta.

Sulaksono Adi, Sri Suharyati, dan Purnama Edy Santosa. 2012. Penampilan Reproduksi (Service per conception, lama kebuntingan dan selang beranak) Kambing Boerawa di Kecamatan Gedong Tataan dan Kecamatan Gisting. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Jurnal ilmiah peternakan terpadu.

Wibowo, A. S., Haryadi, T. F. 2006. Faktor Karakteristik Peternak Yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Program Kredit Sapi Potong Di Kelompok Peternak Andiniharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. Journal of animal science and technology. Vol. 29, No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jpltrop.v5i2.7437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Peternakan Lingkungan Tropis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.