Potensi Hijauan Pakan Pada Perkebunan Kelapa Sawit Milik Rakyat Di Kecamatan Samarida Utara, Kota Samarinda Kalimantan Timur

Rika Asriana, Taufan Purwokusumaning Daru, Fikri Ardhani

Abstract


Hijauan merupakan sumber pakan utama untuk ternak ruminansia untuk memenuhi kebutuhan sumber protein hewani akan sangat sulit dicapai jika ketersediaan hijauan belum mencukupi kebutuhan ternak. Oleh karena itu perlu adanya penambahan sumber pakan hijauan dan salah satunya yang berpotensi adalah lahan perkebunan kelapa sawit. Dengan menggunakan hijauan sebagai pakan ternak di perkebunan kelapa sawit, selain dapat menekan biaya pakan bagi peternak, juga dapat menekan biaya pengendalian hijauan yang merugikan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis hijauan, produksi hijauan dan kapasitas tamping pada umur pertanaman sawit yang berbeda. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2020 yang berlokasi di lahan perkebunan kelapa sawit milik rakyat kecamatan Samarinda Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan hijauan yang terdapat pada perkebunan kelapa sawit milik rakyat di kecamatan Samarinda Utara kota Samarinda berjumlah 29 jenis dan 11 famili dengan jenis yang mendominasi adalah tanaman Poaceae. Hijauan pakan ternak yang bersumber dari perkebunan kelapa sawit umur 6 tahun memiliki berat kering = 1.165.4 kg1 dan umur 15 tahun memiliki berat kering 2.903.7 kg1. Kapasitas tampung pada umur 6 tahun 0,71 ST ha-1 dan umur tanaman 15 tahun adalah 0,76 ST ha-1.

 

Kata kunci: Hijauan, produksi berat kering, Kapasitas Tampung,

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jpltrop.v4i1.5513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Peternakan Lingkungan Tropis