ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN DAGING SAPI DI PERUMAHAN BUMI SAMBUTAN ASRI KOTA SAMARINDA

Yudha Aulia Firnanda, Ibrahim Ibrahim, Dinar Anindyasari

Abstract


Daging sapi merupakan sumber protein hewani yang banyak diminati masyarakat. Selain bergizi tinggi, daging sapi juga mudah ditemukan di berbagai tempat seperti pasar, minimarket, dan mall. Berbagai macam atribut pada daging sapi akan menjadi hal yang penting bagi konsumen sebagai pertimbangan mereka dalam membuat keputusan untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja atribut yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen dalam mengambil keputusan dalam membeli daging sapi. Penelitian ini menggunakann form kuesioner sebagai pengambilan data sampel kemudian dianalisis menggunakan metode analisis chi square dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang orang yang membeli daging sapi berjenis kelamin perempuan sebanyak 73,1%, dengan kelompok umur 40-49 tahun, tingkat pendidikan SMA, jenis pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, pendapatan per bulan Rp2.500.000-Rp5.000.000. Berdasarkan hasil analisis chi square dapat dilihat bahwa semua atribut daging sapi yang diamati dalam penelitian ini berbeda nyata. Daging sapi yang menjadi preferensi konsumen di Perumahan Bumi Sambutan Asri adalah daging berwarna merah cerah, kandungan lemak sedikit, dan bagian daging golongan pertama (has dalam, has luar, lamosir).


Full Text:

PDF

References


Diana, F. M. (2009). Fungsi dan metabolisme protein dalam tubuh manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 4(1), 47-52.

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yulianto, P., dan Saparinto, C. (2010). Pembesaran Sapi Potong Secara Intensif. Jakarta: Penebar Swadaya.

Simarmata, L., Osak, R. E., Endoh, E. K., & Oroh, F. N. (2019). Analisis preferensi konsumen dalam membeli daging broiler di pasar tradisional Kota Manado (Studi Kasus Pasar Pinasungkulan Karombasan). Zootec, 39(2), 194-202.

Wijaya, M.A., 2008. Analisis Preferensi Konsumen dalam Membeli Daging Sapi di Pasar Tradisional Kabupaten Purworejo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jpltrop.v6i1.11921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Peternakan Lingkungan Tropis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.