Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dan Kesiapa Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA

Chairini Fathonah, Ayunda Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru dan kesiapan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa SMA Hidayatullah Bontang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 100 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data adalah nilai rapor untuk prestasi belajar dan skala untuk persepsi siswa tetang kinerja guru dan kesiapan belajar. Analisis data dengan uji analisis regresi berganda menggunakan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA dengan nilai diperoleh F hitung > F tabel (11.059 > 3.09) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi pengaruh (R2) sebesar 0.323 (32.3 persen); (2)Terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar dengan koefisien nilai beta = 0.496, t hitung > t tabel (3.176 > 1.984) dengan nilai p = 0.000, (p < 0.05); (3) ada pengaruh signifikan kesiapan belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien nilai beta = 0.520, t hitung > t tabel (2.102 > 1.984) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05).

 

This study aims to determine the effect of student perceptions of teacher performance and student learning readiness on student achievement at Hidayatullah Bontang High School. The research uses a quantitative approach. The research subjects were 100 students who were selected using total sampling technique. Data collection methods are report cards for learning achievement and a scale for students' perceptions of teacher performance and learning readiness. Data analysis using multiple regression analysis using the Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows program. The results of this study indicate that: (1) there is a significant effect between students' perceptions of teacher performance and learning readiness on high school students' learning achievement with the value obtained by F arithmetic > F tabel (11.059 > 3.09) and p value = 0.000 (p < 0.05) . The influence contribution (R2) is 0.323 (32.3 percent); (2) There is a significant effect of students' perceptions of teacher performance on learning achievement with a coefficient of beta = 0.496, t count > t tabel (3.176 > 1.984) with p value = 0.000, (p < 0.05); (3) there is a significant effect of learning readiness with learning achievement with a coefficient of beta = 0.520, t count > t tabel (2.102 > 1.984) and p value = 0.000 (p < 0.05).


Keywords


Persepsi siswa tentang kinerja guru; kesiapan belajar; prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Barnawi dan Arifin M. (2014). Kinerja guru profesional: instrumen pembinaan, peningkatan dan penilaian. Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. (2015). Statistika. Pustaka Pelajar

Hamalik.O. (2011). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. Jurnal ar-raniry, UIN Banda Aceh, IV(1), 4515

Kartikawati. E. (2017). Pengembangan media pembelajaran dasheet guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada kelas x akuntansi 3 SMK negri 4 klaten tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dwiutama edisi Mei 2017.

Majid, A. (2009). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Rosda karya.

Nurhoiriyah. (2017). Pengaruh kesiapan belajar, sikap pada mata pelajaran, pemanfaatan fasilitas belajar disekolah dan latar belakang ekonomi siswa tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Utama 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (4), 12465

Ratnasari, Bebi & Sukirno. (2018). Faktor determinan prestasi belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI (1),10-21831.

Sinta, V.B. (2017). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas x di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 2549-1377.

Slameto. (2013). Belajar dan fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobandi, Rizki, 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sasta Indonesia, 1 (2), 634

Sujai, I.S dan Putri K.A.D (2017). Pengaruh kesiapan belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi ips SMA pgri kalangbret semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2), 349

Supriyono. W dan Ahmad. A. (2010). Psikologi belajar. PT. Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya

Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu, konsep, strategi dan implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.

Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Remaja Rosdaka Karya

Wahhab, M.F. (2016). Pengaruh mutu pembelajaran dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata diklat autocad lanjut di program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Program studi pendidikan teknik sipil dan perencanaan. Jurrnal Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 1 (5), 3034




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id