Peran Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Melalui Media Promosi Akun Instagram @kuliner lampung

Eka Yulianti, Herani Putri, Vicky F Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa Peran Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Melalui Media Promosi Akun Instagram @kuliner lampung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan pengisian kuesioner sebagai pengumpulan data, dengan jumlah responden yang bepartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 66 responden Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan diuji validitas, reabilitas dan uji hipotesis menggunakan program SmartPLS Hasil penelitian ini menunjukun bahwa viral marketing berpengaruh signifikan tehadap kepercayaan konsumen, viral marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Viral Marketing; Kepercayaan Konsumen; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Bambang, Atmoko Dwi. (2013). Instagram handbooktips fotografi ponsel. Penerbit Universitas Diponegoro

Doni Marlius. (2017). Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran pt. Intercorn mobilindo padang. Jurnal Pundi, 53(4), 130.

Fitri Annisa. (2016). Pengaruh electronic word of mouth (ewom) di media sosial instagram terhadap minat beli konsumen (studi pada richeese factory). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb

Giri Maulana Arief, Heppy Millianyani. (2015). Pengaruh sosial media marketing instagram terhadap minat beli konsumen sugar tribe. eProceeding Of Management, 37(1),85-92

Hamdani, M. Y., & Mawardi, M. K. (2018). Pengaruh viral marketing terhadap kepercayaan konsumen serta dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jurna Administrasi Bisnis, 60(1), 163–171.

Hendy Ariyan. (2013). Pengaruh brand awareness dan kepercayaan konsumen atas merek terhadap keputusan pembelian ulang minuman aqua di kota padang. Jurnal Manajemen.

Herwin, ferryal. (2018). Pengaruh reputasi perusahaan dan reputasi vendor terhadap keputusan pembelian secara online dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel antara. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 3, 363-364

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Ifur, A., & Budhi, S. (2009). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Budhi Satrio Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 15 0f 15.

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE (ONLINE MARKETING STRATEGY) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Jecky, J., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 5(2), 307. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10199

Kaloka, A. S. K. (2016). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Instagram @makananjember. Manajemen Bisnis.

Novia Ristania, Jerry S. Justianto, (2013). Analisa pengaruh harga, promosi, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian pada "online shop" s-nexian melalui facebook. Jurnal Of Business Strategy And Execution, 5(2),131-161

Nurlaelo Tresna Siti, (2013). Efektifitas Viral marketing terhadap Keputus Pembelian Konsumen PT. ABC Skripsi Bandung Universitas Widyatama.

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647

Rahmawati, N. W. (2021). Kepercayaan Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Klinik Kecantikan. 9(3), 472–481. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id