Efektivitas Praktikum Agama Islam Terhadap Pengetahuan Agama Islam Pada Mahasiswa Baru

Arlyana Almi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program praktikum agama islam mampu meningkatkan pengetahuan agama islam pada Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2019. Metode penelitian ini adalah eksperimen menggunakan teknik sempel sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan 2019 sejumlah 30 mahasiswa. Desain penelitian pra eksperimen yaitu one group pretest posttest design. Teknik analisa statsitik yaitu uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program praktikum agama islam dapat meningkatkan pengetahuan agama islam, hal tersebut berdasarkan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai p = 0.000 hal ini menandakan bahwa p < 0.05 dan nilai nilai t = -7.482 (>-1.96). Sehingga hipotesis H1 diterima yang artinya subjek yang diberikan program praktikum agama Islam mengalami peningkatan pengetahuan agama islam.

 

This research aims to find out whether the Islamic religious practicum program can increase islamic religious knowledge in the New Students of the Faculty of Social and Political Sciences class of 2019. This research method is an experiment using purposive sampling techniques. This research sample is a student of the Faculty of Social and Political Sciences class of 2019 numbering 30 students. Pre-experimental research design is one group pretest posttest design. Statsitic analysis technique is a paired sample t-test test. The results of this study showed that islamic practicum programs can increase islamic religious knowledge, it is based on using a paired sample t-test obtained a value of p = 0.000 this indicates that p < 0.05 and a value of t = -7,482 (>-1.96). So that the H1 hypothesis is accepted which means that the subject given by the Islamic practicum program has increased islamic religious knowledge.


Keywords


Education

Full Text:

PDF

References


Abbas, H. (2002). “Reformasi pendidikan agama Islam di PTU: visi misi dan strategi” dalam dinamika islam di Perguruan Tinggi. Logos.

Aliyah, Q. (2018). Pola pembinaan agama dalam meningkatkan pengetahuan agama anak jalanan di rumah singgah bina anak pertiwi pasar minggu jakarta selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri.

Arifin, M. (2003). Ilmu pendidikan Islam. PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Bumi Aksara.

Aprianur, D. et al. (2012). Risalah menejeman mentoring kampus unmul. BPPAI Unmul Press.

Darajat, Z. (1991). Ilmu jiwa agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Daryanto. (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif dan Inovatif. AV.Publisher.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Fajrul, I, F. (2014). Model pembelajaran tutorial teman sebaya. Jurnal pendidikan agama islam, 12 (2).

Kosasi, A., Fahrudin,. Anwar, S. (2009). Pengembangan model pembelajaran PAI melalui pembinaan keagamaan berbasis tutorial menuju terciptanya kampus UPI Religius. Jurnal Penelitian, 9(1).

Mahmud. (2011). Pemikiran pendidikan islam. Pustaka Setia.

Mastuhu. (2002). “Pendidikan agama islam di PTU “dalam dinamika pemikiran islam di Pergruan Tinggi. Logos.

Muslim & Andrizal. (2008). Penerapan metode peer group dalam proses pendidikan agama Islam (PAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 5(1), 36-45.

Nizar et al (2011). Hadis tarbawi, membangun kerangka pendidikan ideal perspektif rasulullah. Kalam Mulia.

Nurjannah, A. (2017). Pengaruh mengikuti kegiatan tausiyah terhadap tingkat pengetahuan agama Islam siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga.

Latipun. (2015). psikologi eksperimen. UMM Press.

Linclon, F. & Rademacher, B., (2006). Learning styles of ESL students in community colleges. Comunity College Joural of Research and Practice, 30, 485-500

Purwanto, Ngalim. (2014). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, Syahrul. (2018). Pengaruh penerapan pendekatan tutorial dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 26. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Alauddin.

Rahayu, D. & Adriansyah, A, M. (2014). Hubungan antara kemandirian dan gaya belajar dengan strategi menyelesaikan masalah pada mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, Vol. 3, No. 1/Juni 2014, hlm. 1-11.

Rouf, Abd. (2015). Potret pendidikan agama islam di sekolah umum. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 03 (01), 206-206.

Sukmadinata, S. N. (2005). Landasan psikologi proses pendidikan. PT. Remaja Rosada Karya.

Susilo, M. J. (2006). Gaya belajar menjadikan makin pintar. Penerbit Pinus.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id