Faktor-Faktor Penyebab Psikosomatis Pada Orang Dengan Kecenderungan Psikosomatis

Ratih Apriyani SP

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang menyebabkan terjadinya Psikosomatis pada orang yang diduga menderita Psikosomatis. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi yang berkaitan dengan tiga subjek yang memiliki kecenderungan psikosomatis. Faktor dominan yang menyebabkan kecenderungan Psikosomatis pada subjek pertama yaitu SDM (nama inisial) adalah karena faktor psikologis. Kepada subjek merasa ragu terhadap anak ini yang tidak dapat berjalan lagi setelah kejadian bencana beberapa tahun yang lalu. Subjek kedua RF (nama inisial) karena faktor psikologis juga. Subjek sering bertengkar dengan ibu kandungnya, hal ini membuat dia memikul beban pikiran yang juga mempengaruhi kondisi kesehatannya setelah bertengkar dengan ibunya, subjek sakit. Subjek ketiga IS (nama inisial, memiliki kecenderungan Psikosomatis karena faktor dominan yang berasal dari faktor sosial ekonomi setelah suami subjek di-PHK sejak setahun yang lalu, subjek mengalami krisis ekonomi. Keadaan ini sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan subjek. Faktor-faktor itu adalah Terkait erat dengan masing-masing subjek adalah faktor psikologis yang dialami oleh masing-masing subjek dan variabel terkait lainnya seperti status sosial, status perkawinan, umur dan jenis kelamin, dapat diteliti untuk penelitian lebih lanjut.


Keywords


kecenderungan sychosomatic, faktor psikosomatis, gangguan psikosomatis

Full Text:

PDF

References


APA. (2000). Dsm IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Iv Text Revision). Washington, DC: American Psychiatric Association perss.

Celik, H., et al. (2009). Severity of Pain and Cicadian Changes in Uterine Artery Blood Flow in Primary Dysmenorhhea. Archives of Ginecology & Obstectrics. Journal of Psychology and Educational Studies. vol. 2, hal. 101-111.

Colak, T. S. (2014). Somatic Expression of Psychological Problems (Somatization): Examination with Structural Equation Model. International Journal of Psychology and Educational Studies. vol. 2, hal. 8-14.

Garala, V., Mehul, B., & Ganpat, V. (2014). Somatic Symptom Disorder: Study of Medically Unexplained Symptoms. cholars Journal of Applied Medical Sciences (SJAMS). 2(2B):664-670.

Hegazi, M., & Hassan, N. (2007). Heart Rate Variability (HRV) In young Healthy Females with Primary Dysmenorrhea. Journal Of Psychology Bull Alex. Fac. Med. Vol. 43 no. 3 hal 152-157.

Idrus, M. (2013). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga

Idrus, P. (2013). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Status Kesehatan Masyarakat Di Kecamatan Palu Selatan. e-Jurnal Katalogis. Vol. I No 3, hal. 15-25

Maramis, W. F. (2006). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa.Surabaya: Airlangga University Press

Meilina. S. (2011). Karya Tulis Ilmiah Hubungan Antara Stres Dengan Kejadian Dismenorea Pada Siswi SMKN 1 Karanganyar (Diakses tanggal 27 Juni 2018)

Pomerantz, A. M. E., et al. (2013). Psikologi Klinis. (third ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Richard, D. (2013). Adolense healt care a practical gurde. Journal of healt. 20. 58-96.

Rosmalina. (2015). Konseling Dalam Bidang Kesehatan: jurnal Orasi, Volume VI Nomer 1 Januari- Juni.

Rusdi, M. (2013). PPDGJ III. Jakarta: PT. Nuh Jaya.

Ulva, R. H. (2015). Kepuasan Pernikahan Pada Wanita Yang Dijodohkan anita Yang Dijodohkan Oleh Orangtua. Ejournal Psikologi., vol3. no. 2.hal: 579-588




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i3.4659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id