Motivasi dan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Wirausaha

Nufaila Fahmayanti

Abstract


Penelitian mengenai motivasi dan manajemen waktu pada mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik bertujuan untuk mengetahui motivasi berwirausaha pada mahasiswa dan manajemen waktu pada mahasiswa wirausaha di Universitas Mulawarman. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik snowball, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan empat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek dalam penelitian ini menjalankan kuliah sambil berwirausaha dikarenakan adanya kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mendapatkan uang saku. Hasil dari ketiga subjek yaitu subjek HN, MO, dan HL dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu setiap individu menyesuaikan pada kebutuhan utama masing-masing individu. Motivasi turut mendukung subjek dalam mengatur waktu. Memilih mendahulukan sesuatu yang menurut kebutuhan yang paling dasar. Sebagai mahasiswa mengatur waktu menjadi hal yang sulit ketika mahasiswa memilih untuk berwirausaha sebagai prioritas utama. Hal ini berakibat pada prestasi mahasiwa di kampus. Kedisiplinan diri sangat berperan dalam manajemen waktu bagi mahasiswa yang menjalankan kuliah sambil berwirausaha. kendala yang dirasakan oleh pada mahasiswa dikarenakan kurangnya rasa disiplin terhadap waktu dengan mengisi waktu luang untuk hal yang tidak penting dan adanya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan yang harus diselesaikan

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh Terapi Berpikir Positif dan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 4(2), 105-125.

Amin, W. T. (2008). Pengantar Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta: Harvarindo.

Gie, T. L. (2003). Efisiensi Untuk Meraih Sukses. Yogyakarta: Panduan.

Kholisa, Nur. (2012). Hubungan Manajemen Waktu Dengan Efektivitas Kerja Karyawan. Journal of Social and Inustrial Psychology 1 (1) (2012). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Macan, T. H., Shahani, C. Diphove, R. L., & Philips, P. (2000). College Students Time Management: Correlation with Academic Perfomance and stress. Journal of education Psychology. 760-778.

Mulyani, DwiMustika. (2013). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal 2 (1) (2013). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Santrok. (2008). Motivasi Membaca, PT Prenada Media ART, Yogyakarta.

Taufik. (2007). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo



 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id