Implementation of the Implementation of Fun Learning Through Learning Video Media in Improving Indonesian Literacy

I Ketut Adi Darma Yatra, Ni Putu Elya Trisnayanti, Kadek Widiadnyani, I Gusti Ayu Widya Tri Wahyunita, Putu Ayu Pramita, I Gusti Ayu Winda Dwi Wahyuni

Abstract


This study aims to evaluate the effectiveness of applying enjoyable learning through video media to improve Indonesian language literacy. The research method used is a mixed-method approach, combining quantitative data analysis from pre-tests and post-tests with qualitative data obtained through classroom observations, interviews with students and teachers, and the analysis of students' reflective journals. The results of the study show a significant improvement in Indonesian language literacy scores in the group of students who used video-based learning compared to the control group that used conventional teaching methods. The use of video media in learning increased Indonesian language literacy, with an average score improvement of 22.9 points (39.60%). Most students experienced an increase of more than 30%, demonstrating the effectiveness of this method in enhancing material comprehension. This improvement covers various aspects of literacy, including reading, writing, understanding, and interpreting texts. Overall, this study makes an important contribution to the development of technology-based learning methods and shows that video-based learning can be an effective tool for improving Indonesian language literacy. The findings are relevant for educators and policymakers in Indonesia, and they offer a new direction for developing educational practices in various other contexts.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan pembelajaran yang menyenangkan melalui media video dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran, menggabungkan analisis data kuantitatif dari pre-test dan post-test dengan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi kelas, wawancara dengan siswa dan guru, serta analisis jurnal reflektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor literasi bahasa Indonesia di kelompok siswa yang menggunakan video pembelajaran dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional Penggunaan media video dalam pembelajaran meningkatkan literasi Bahasa Indonesia siswa, dengan rata-rata skor meningkat 22.9 poin (39.60%). Sebagian besar siswa mengalami kenaikan lebih dari 30%, menunjukkan efektivitas metode ini dalam meningkatkan pemahaman materi. Peningkatan ini mencakup berbagai aspek literasi, termasuk kemampuan membaca, menulis, memahami, dan menginterpretasikan teks. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi dan menunjukkan bahwa video pembelajaran dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan literasi bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini relevan bagi pendidik dan pembuat kebijakan di Indonesia, serta menawarkan arah baru bagi pengembangan praktik pendidikan di berbagai konteks lainnya.


Keywords


Video Learning; Indonesian Language Literacy; Mixed Method; Improving Students' Abilities; student-teacher interaction; Learning Motivation

Full Text:

FULL TEXT

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Ahdan, S., Sucipto, A., Priandika, A. T., Setyani, T., Safira, W., & Sari, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SMK Kridawisata di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengelolaan Sistem Pembelajaran Daring. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 390–401. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.15591

Andy Hakim, & Saiful Amir. (2018). Pengaruh Perasaan, Ketertarikan Dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Pada Sma Paba Binjai. Visipena Journal, 9(2), 406–426. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.470

Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563

Faiza, M. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal BASICEDU, 5(6), 8686–8694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901

Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583

Haikal, F., & Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 377–385. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2018). Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMP dan SMA. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 61. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362

Jamaluddin, M. (2012). Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, 127–139. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57

Juliantari, N. K. (2017). Paradigma Analisis Wacana Dalam Memahami Teks Dan Konteks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12732

Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715–6721. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2307

LATIFAH, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Magdalena, I., Gunawan, F. A., & Ginting, N. W. N. (2022). Implementasi Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa 3 SD Negeri Sukatani VI Kota Tanggerang. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(3), 34–40.

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90–99. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3516

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92

Nugroho, M. W. (2022). Perspektif Mahasiswa Terhadap Literasi Digital Di Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1), 26. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6775

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas penggunaan media video pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar saat pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Safio, P. K., Jediut, M., & Robe, M. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Humanistik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1(2), 8–13. https://doi.org/doi.org/10.36928/jlpd.v1i2.2111

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Sepita, S. F., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry(JREC), 2(2), 102–110. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, & Erna Suhartini. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101–115. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43

Ulfah Mawaddah, F., Safrina, R., & Hapidin, H. (2023). Buku Cerita Bergambar Digital “Baso dan Pinisi yang Rusak” untuk Meningkatkan Literasi Budaya Maritim Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 222–237. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.312

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9. ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218

Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. POPULIKA, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24

Wulandari, S., & Fitria Rahma, I. (2021). Efektivitas media video kine master terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956

Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Ahdan, S., Sucipto, A., Priandika, A. T., Setyani, T., Safira, W., & Sari, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SMK Kridawisata di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengelolaan Sistem Pembelajaran Daring. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 390–401. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.15591

Andy Hakim, & Saiful Amir. (2018). Pengaruh Perasaan, Ketertarikan Dan Keterlibatan Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Pada Sma Paba Binjai. Visipena Journal, 9(2), 406–426. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.470

Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563

Faiza, M. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal BASICEDU, 5(6), 8686–8694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901

Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583

Haikal, F., & Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 377–385. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2018). Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMP dan SMA. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 61. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362

Jamaluddin, M. (2012). Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, 127–139. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57

Juliantari, N. K. (2017). Paradigma Analisis Wacana Dalam Memahami Teks Dan Konteks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12732

Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715–6721. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2307

LATIFAH, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Magdalena, I., Gunawan, F. A., & Ginting, N. W. N. (2022). Implementasi Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa 3 SD Negeri Sukatani VI Kota Tanggerang. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(3), 34–40.

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90–99. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3516

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92

Nugroho, M. W. (2022). Perspektif Mahasiswa Terhadap Literasi Digital Di Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1), 26. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6775

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas penggunaan media video pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar saat pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Safio, P. K., Jediut, M., & Robe, M. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Humanistik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1(2), 8–13. https://doi.org/doi.org/10.36928/jlpd.v1i2.2111

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Sepita, S. F., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry(JREC), 2(2), 102–110. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, & Erna Suhartini. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101–115. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43

Ulfah Mawaddah, F., Safrina, R., & Hapidin, H. (2023). Buku Cerita Bergambar Digital “Baso dan Pinisi yang Rusak” untuk Meningkatkan Literasi Budaya Maritim Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 222–237. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.312

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9. ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218

Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. POPULIKA, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24

Wulandari, S., & Fitria Rahma, I. (2021). Efektivitas media video kine master terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956

Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v13i2.16102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 I Ketut Adi Darma Yatra., dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi id indexed by :

Moraref Crossref One Search OpenArchives Sinta GoogleScholar GoogleScholar Garuda Portal-ISSN Base
 

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id