Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM
Abstract
Strategi Pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan, baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Perusahaan menentukan konsumen mana yang akan dipilih untuk dilayani, mengelompokkan pasar hingga bagaimana menentukan distribusi dan kegiatan promosinya. Di era ilmu dan teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini, maka diperlukan teknik-teknik pemasaran yang mampu mengikuti perkembangan zaman. Strategi pemasaran yang baik sangat diperlukan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM memliki peranan yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi nasional karena terbukti mampu bertahan dalam segala kondisi, baik di saat krisis moneter maupun pandemi. Namun demikian, bagaimana menentukan strategi pemasaran yang baik masih menjadi kendala utama bagi mereka. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran secara offline dan online kepada masyarakat pelaku UMKM. Metode yang dilakukan adalah dengan cara seminar. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan setelah pelaksanaan kepada 11 peserta yang mengikuti kegiatan ini maka didapatkan 9 orang (81%) menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan 2 orang (19%) menyatakan cukup bermanfaat maka dapat disimpulkan bahwa kegaiatan seminar strategi pemasaran ideal di era digital untuk meningkatkan penjulan produk sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM.
Marketing Strategy is one way to win a sustainable competitive advantage, be it for a company that produces goods or services. The company determines which consumers to choose to serve, groups the market to how to determine its distribution and promotional activities. In the era of science and technology that is growing rapidly today, marketing techniques are needed that are able to keep up with the times. A good marketing strategy is needed by Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). MSMEs have a very strategic role in national economic development because they are proven to be able to survive in all conditions, both during the monetary crisis and pandemic. Nevertheless, how to determine a good marketing strategy is still the main obstacle for them. The purpose of this activity is to provide knowledge about offline and online marketing strategies to the community of MSME actors. The method carried out is by means of seminars. Based on the results of a survey conducted after the implementation of 11 participants who took part in this activity, 9 people (81%) stated that this activity was very useful and 2 people (19%) stated that it was quite useful, so it can be concluded that the ideal marketing strategy seminar activity in the digital era to increase product sales is very useful for MSME actors.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Alfin, A. (2021). ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.280
Amalijah, E., Andari, N., & Narastri, M. (2021). Peningkatan Produktivitas Kearifan Lokal Kerajinan Tangan Tas Rajut Sebagai Bentuk Identitas Bangsa. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 194. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6665
Andayani, I., Roesmniningsih, M. ., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17 No. 1 (. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20
Anggraeni, C. ., Ningtiyas, W. ., & Alimah, N. . (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi. Journal of Government and Politics, 3(1), 47–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jgop.v3i1.5354
Anita, S. Y. (2022). Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pelaku UMKM …. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 352–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3912
Aulami, R., & Ariani, F. (2022). Aplikasi E-Marketplace Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1861
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2020). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22. http://www.journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/279
Firdaus, M. I., Azizah, P. ., & Sa’adah, R. (2022). PENTINGNYA DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI ERA 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162
Fourqoniah, F., Hetami, A. A., Hera, Handayani, T., & Syafitri. (2021). Optimalisasi Usaha Bumdes Mulya Bersama Melalui Peningkatan Kualitas Produk UMKM Desa Mulawarman. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 79. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5847
Hutauruk, M. R., & Indarahmadani, A. (2021). Upaya Bersama Masyarakat Dalam Memperkokoh Mindset Pencegahan Penularan COVID-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 117. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6090
Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fsnk.v2i1.8273
Maulida, Y., & Habiburahman. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Pisang Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Pada Umkm Keripik Sumber Rezeki). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 303–314. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.34
Merida, S. C., Fitriyana, R., Afifah, E. N., Virgin, I. R., Badaruzzaman, B., & Raja, B. L. (2021). Psikoedukasi Dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menyongsong Era Digital. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 54. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5843
Muhtarom, A., Syairozi, M. ., & Yonita, H. . (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Umkm Skck (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391–402. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2018
Natasya, V., & Hardiningsih, P. (2021). Kebijakan Pemerintah Sebagai Solusi Meningkatkan Pengembangan UMKM di Masa Pandemi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 141. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.317
Nur, A. A., Fauziah, S. E., & Wiryawan, D. (2021). Program Pelatihan Wirausaha Dalam Pemanfaatan Sampah Kertas Koran Bekas Menjadi Kerajinan Fungsional Sebagai Upaya. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 1. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5282
Pasan, E., Retnowatik, F. W., & Yuniarti. (2022). Pemberdayaan Perempuan Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemanfaatan Limbah Tambang di Desa Bangunrejo. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 4(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v4i1.5888
Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Administrasi Bisnis, 7(2), 112–119. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700
Sanjaya, A., Lisvia, Nursandy, F. L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 167. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741
Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726
Suryani, E. (2020). ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM(STUDI KASUS : HOME INDUSTRI KLEPON DI KOTA BARU DRIYOREJO). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.272
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244
Tendy. (2021). Mendorong Kreatifitas Mahasiswa Melalui Pengenalan dan Pelatihan Bisnis Online Bersama Shopee. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 11. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5417
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=371075&val=6468&title=ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM Studi pada Batik Diajeng Solo
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Novi Satria Jatmiko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________
Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id