Peningkatan Kemampuan Analisis Statistik Kuantitatif Pada Riset Eksperimen Dengan Metode Workshop

Fahrul Agus, Gubtha Mahendra Putra, Zanu Alfandi Kamil, Iswanto Arifin, Okta Ihza Gifari

Abstract


Riset merupakan kegiatan akademik yang wajib dilakukan oleh mahasiswa tugas akhir di Program Studi Informatika, Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur. Riset eksperimen memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang kuat di bidang Statistik. Pelajaran Matematika dan Statistika termasuk materi yang sulit dipahami di kalangan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi. Pelatihan atau workshop ini betujuan untuk melakukan penguatan kembali (recharging) serta peningkatan pengetahuan peserta tentang ilmu pengetahuan, konsep dan aplikasi Statistik Kuantitatif untuk riset eksperimen. Pelatihan dilakukan dengan cara pembelajaran secara langsung di dalam kelas. Monitoring pelatihan dilakukan dengan observasi selama kegiatan berlangsung, sedangkan evaluasi dilakukan melalui survey kepada peserta. Bobot penilaian oleh peserta terhadap materi, narasumber, fasilitas pelatihan dan peningkatan kemampuan diukur dengan Skala Likert. Pelatihan dilaksanakan dengan 38 peserta dan observasi monitoring menunjukkan dinamika peserta dan fasilitator yang aktif dan lancar. Hasil evaluasi kegiatan pelatihan menunjukkan materi, narasumber, fasilitas pelatihan dan peningkatan kemampuan telah memenuhi kebutuhan peserta dengan persentase rata-rata sebesar 99.7%. Evaluasi juga menunjukkan bahwa sebesar 64% peserta menyatakan peningkatan pengetahuan yang sangat tinggi, 31% menilai tinggi dan 5% menyatakan sedang.

 

Students in the Department of Informatics at the Faculty of Engineering, Mulawarman University, Samarinda, East Kalimantan, are required to conduct research for their final project. Strong statistical expertise and understanding are necessary for conducting experimental research. Many universities' students report having trouble understanding math and statistics classes. The purpose of this training is to deepen and broaden participants' understanding of scientific principles and the uses of quantitative statistics in experimental research. Direct learning takes place during the training in the classroom. Evaluation of training is done through surveys given to participants, while monitoring is done by observing during the activity. A Likert Scale was used to gauge how seriously the participants took the content, resource people, training facilities, and capacity building. 38 people attended the training, and monitoring observations revealed the dynamics of fluent and active participants and facilitators. According to the findings of the evaluation of training activities, an average percentage of 99.7% of the participants' needs were met by the training materials, resource people, training facilities, and capacity building. Additionally, the evaluation revealed that 64% of participants rated the level of knowledge gain as very high, 31% as high, and 5% as moderate.


Keywords


quantitative statistics; experimental research; workshop; training

Full Text:

FULL TEXT

References


Agus, F., Gifari, O. I., & Kamil, Z. A. (2021). Komputasi Numerik pada Kasus Penentuan Penyakit Tanaman Hias. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(1). https://doi.org/10.30872/jim.v16i1.5262

Aida, N. (2020). PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN STATISTIK BERBASIS IT MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MAHASISWA TEKNIK SIPIL. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1). https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1703

Anwar, I. C. (2021). Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis. Tirto.Id.

Aransyah, F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & Ismaliana R, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1). https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5848

Astuti, I. F. (2021). Kurikulum Program Studi Informatika. http://informatika.ft.unmul.ac.id/webadmin/public/upload/files/c2f6c1b64b339e1a406f92f6a8c856e3.pdf

Dewimarni, S., Rizalina, R., & Zefriyenni, Z. (2022). Validitas Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android dengan Teknik Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1087

Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PGSD DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA PENELITIAN PENDIDIKAN DITINJAU DARI PROSEDUR NEWMAN [AN ANALYSIS OF PRIMARY TEACHER EDUCATION STUDENTS SOLVING PROBLEMS IN STATISTICS FOR EDUCATIONAL RESEARCH USING THE NEWMAN PROCEDURE]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203

Hasibuan A, Z. (2007). M ETODOLOGI P ENELITIAN P ADA B IDANG O leh. In Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi (Vol. 4, Issue 1).

Heydari, M. R., Taghva, F., Amini, M., & Delavari, S. (2019). Using Kirkpatrick’s model to measure the effect of a new teaching and learning methods workshop for health care staff. BMC Research Notes, 12(1). https://doi.org/10.1186/s13104-019-4421-y

Iqbal, T., & Akbar, R. (2020). PELATIHAN INTERNET DAN POWERPOINT UNTUK GURU-GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 19 KOTA SABANG. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i1.102

Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4). https://doi.org/10.9734/bjast/2015/14975

Maskomal, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DI SD NEGERI 02 BATU PAYUANG KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN. Inovasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2304

Maulana, A., & Joko. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Video Streaming pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 7 Surabaya Anas Maulana Joko. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3).

Mustafa, N. (2020). Research and Statistics. International Journal of System Dynamics Applications, 10(3). https://doi.org/10.4018/ijsda.20210701.oa1

Mustafa, N. (2021). Research and Statistics : Coronavirus Disease (COVID-19). International Journal of Health Research, 10(3).

Rudini, R. (2017). Peranan Statistika Dalam Penelitian Sosial Kuantitatif. Jurnal SAINTEKOM, 6(2). https://doi.org/10.33020/saintekom.v6i2.13

Rufaidah, A., Izzah, N., Sofiyanurriyanti, S., Suparno, S., & Rosyidi, M. R. (2019). PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI WORKSHOP ANALISIS DATA PENELITIAN PENDIDIKAN DI IAI QOMARUDDIN GRESIK. Jurnal Terapan Abdimas, 4(1). https://doi.org/10.25273/jta.v4i1.3825

Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 89–93.

Suci, Y. T., & Jamil, A. S. (2019). HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN DENGAN KEBERHASILAN PESERTA PELATIHAN TEKNIS BAGI PENYULUH PERTANIAN. Jurnal Hexagro, 3(2). https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.279

Ulpah, M. (1970). Belajar Statistika: Mengapa dan Bagaimana? INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3). https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.354

Wicaksa, A. (2019). Pelatihan penulisan ilmiah sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis ilmiah. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2690

Zanthy, L. S. (2018). KONTRIBUSI RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344

Zenni, E. A., & Turner, T. L. (2021). Planning and Presenting Workshops That Work: A Faculty Development Workshop. MedEdPORTAL : The Journal of Teaching and Learning Resources, 17. https://doi.org/10.15766/mep_2374-8265.11158




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fahrul Agus, Gubtha Mahendra Putra, Zanu Alfandi Kamil, Iswanto Arifin, Okta Ihza Gifari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id