Rebranding Produk Kopi Excelsa Oleh Kelompok Masyarakat KOPI GUNUNG Dengan Packaging Baru dan Digital Marketing

Zainal Abidin Achmad, Yenny Wuryandari, Kusuma Wardhani Mas’udah, M. Husni Tamrin

Abstract


Coffee is a leading commodity in Jombang Regency. One of these coffee varieties is Excelsa Coffee. The main obstacle for coffee farmers and traders in Sumberjo Village is the processing of excelsa coffee which is quite complicated. The Grant Program for Application of Research Results for the Community (PIHAT) aims to foster community groups KOPI GUNUNG in Sumberjo Village, Wonosalam District, Jombang Regency to have knowledge and skills in coffee plant care and digital marketing. The results of the identification of the problem of Pokmas KOPI GUNUNG as a partner, the PIHAT team provides solutions in the form of a) Increasing knowledge and skills in caring for coffee plants, b) Improving the quality of new labels and packaging, c) Creating Instagram accounts and making marketing support profile videos, and d) Digital marketing training. After partners gain knowledge and skills in caring for coffee plants, knowledge of digital marketing skills, and producing coffee product packaging, the goal of implementing this PIHAT program is to increase sales of coffee products from the KOPI GUNUNG community group with the brand and packaging "Cakra Dewa." In addition to articles in community service journals, PIHAT's outputs are the Profile Video, news, and Instagram accounts.

 

Kopi merupakan komoditas unggulan Kabupaten Jombang. Salah satu varietas kopi tersebut adalah Kopi Excelsa. Kendala utama bagi petani dan pedagang kopi di Desa Sumberjo adalah perawatan kopi excelsa yang cukup rumit. Program Hibah Penerapan Hasil Penelitian Bagi Masyarakat (PIHAT) bertujuan untuk membina kelompok masyarakat KOPI GUNUNG di Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan tanaman kopi dan pemasaran digital. Hasil identifikasi masalah Pokmas KOPI GUNUNG sebagai mitra, maka tim PIHAT memberikan solusi berupa: a) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam merawat tanaman kopi, b) Meningkatkan kualitas label dan kemasan baru, c) Membuat akun Instagram dan membuat video profil penunjang pemasaran, dan d) Pelatihan pemasaran digital. Setelah mitra mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam merawat tanaman kopi, pengetahuan keterampilan digital marketing, dan memproduksi kemasan produk kopi, maka sasaran akhir dari pelaksanaan program PIHAT ini adalah meningkatkan penjualan produk kopi dari kelompok masyarakat KOPI GUNUNG dengan brand dan kemasan “Cakra Dewa.” Selain artikel pada jurnal pengabdian kepada masyarakat, luaran PIHAT ini adalah Video Profil, Berita, dan akun Instagram.


Keywords


excelsa coffee; Kopi Gunung; digital marketing; Wonosalam

Full Text:

FULL TEXT

References


Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Achmad, Z. A., Safeyah, M., Masnuna, M., & Mas’udah, K. W. (2021a). LPPM UPNVJT, Skema Penugasan Pengembangan Techno-Eco Wisata Kawasan Wonosalam, Jombang. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=NLTOWC6aQfw&t=49s

Achmad, Z. A., Safeyah, M., Masnuna, M., & Mas’udah, K. W. (2021b). PESONA WISATA WONOSALAM, JOMBANG (LPPM UPNVJT). YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=JI33JY5mcq8

Achmad, Z. A., Tranggono, D., Winarno, S. T., Andarini, S., & Mas’udah, K. W. (2022). Variety of Flavors, Appropriate Technology, and Online Marketing for Developing Milkfish Cracker Small Business. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1), 39–57.

Adji, H. P. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Kopi Excelsa di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Anita, A., Tabrani, G., & Idwar, I. (2016). Pertumbuhan Bibit Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Medium Gambut pada Berbagai Tingkat Naungan dan Dosis Pupuk Nitrogen. JOM Faperta, 3(2), 1–9.

Balai Pelatihan Pertanian. (2018). Budidaya Tanaman Kopi. Bapeltan Jawa Tengah.

Bappeda Kabupaten Jombang. (2020). Laporan Akhir Kajian Penetapan dan Pengembangan Produk Unggulan Daerah Kabupaten Jombang. Bappeda Kabupaten Jombang.

BPS RI. (2020). Statistik Kopi Indonesia 2020 (Direktorat Statistik Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (ed.)). BPS Indonesia.

Hadi, S., & Muiz, A. A. (2018, October 23). Kampung Opak Gambir Kota Blitar, Inovasi Kemasan Menjadi Souvenir Untuk Hajatan. Suryamalang.Com. https://suryamalang.tribunnews.com/2018/10/23/kampung-opak-gambir-kota-blitar-inovasi-kemasan-menjadi-souvenir-untuk-hajatan

Hidayah, U. (2016). Arahan Pengembangan Agroindustri Berbasis Komoditas Pertanian Unggul di Kabupaten Jombang. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Hidayati, R. I., & Subroto, G. (2018). Pertumbuhan bibit kopi (Coffea sp.) hasil sambung hipokotil sebagai respon pemberian macam dan konsentrat zat pengatur tumbuh. Agritrop, 16(1), 149–163. https://doi.org/10.32528/agr.v16i1.1559

Isa Mulyadi, A., & Zuhri, S. (2020). Analisis Strategi Brand Image Kedai Kopi “MOENG KOPI” Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 109–124. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.109-124

Kemenparekraf. (2021). Infografik: Pertumbuhan Komoditi Kopi Nusantara. https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/infografik-pertumbuhan-komoditi-kopi-nusantara

Mas’udah, K. W., Achmad, Z. A., Chayani, I. S. P., Multazam, N. A., & Putra, R. F. A. (2021). Pelatihan desain pengemasan dan pemasaran kelompok UMKM untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Kota Surabaya Jawa Timur. SHARE (Journal of Service Learning), 7(2), 129–135. https://doi.org/10.9744/share.7.2.129-135

Mas’udah, K. W., Rosida, D. F., Achmad, Z. A., Anita, N. D., Muruah, I., & Aini, Z. A. N. (2022). Pendampingan Penggunaan Platform Digital untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Desa Kebondalem. Jurnal Abdimas Patikala, 1(1), 428–436.

Rahmi, F. (2018). Re-desain packaging Produk Kopi Kiniko di Tabek Patah. Universitas Negeri Padang.

Ramadhan, M. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Meida, N. L., Widyastuti, D. T., Mas’udah, K. W., & Achmad, Z. A. (2022). Pembuatan Spot Foto Wisata Pandansili Desa Ngampungan Dalam Meningkatkan Nilai Ekonomi Wisata. Karya Unggul : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 210–217.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Cakrawala, 10(2), 107–122.

Ratmawati, I. (2020). Pengecekan Kesehatan Bibit Kopi Awal Tumbuh Kembang Hasil Maksimal. In Informasi Pertanian. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kabupaten Probolinggo. https://dkpp.probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2020/06/Bibit-kopi.pdf

Rochmana, S. D., Winarti, O., Kusuma, A., Nurhaqiqi, H., Achmad, Z. A., & Bergerat, V. C. (2022). Virtual ethnography of electronic word of mouth as a marketing enhancement. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 7(1), 51–66. https://doi.org/10.31947/ETNOSIA.V7I1.21060

Sanjaya, A., Nursandy, F. L., Lisvia, L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyaralat, 3(2), 167–181. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/plakat/article/view/6741/pdf

Suara, I. K. A., Widia, I. W., & Gunadnya, I. B. P. (2018). Pemahaman Petani Tentang Budidaya Kopi Arabika dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Hasil Panen. Jurnal BETA (Biosistem Dan Teknik Pertanian), 6(2), 64. https://doi.org/10.24843/jbeta.2018.v06.i02.p02

Sugiarti, L. (2017). Analisis Tingkat Keparahan Penyakit Karat Daun pada Tanaman Kopi Arabika di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti Tanjungsari. Jagros, 1(2), 80–89.

Tranggono, D., Musicasari, P., & Achmad, Z. A. (2021). Increased buying interest of millennial generation in Gresik regency during the COVID-19 pandemic through the @kulinergresik account. JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 6(2), 11–25. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/jares/article/view/1221

Udarno, M. L., & Setiyono, R. T. (2015). Penampilan kopi excelsa hasil eksplorasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, 1(3), 543–547. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010328

Wahab, M. (2018). Strategi, Arah Kebijakan, dan Program Pembangunan Daerah . In RPJMD Kabupaten Jombang Tahun 2018-2023 (p. VI.1-VI.48). Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang. https://jdih.jombangkab.go.id/download/2019_perda/PERDA-1-TH-2019-Bab-VI-IX.pdf

Wardhani, K., Achmad, Z. A., Permatasari, W. K., Andriani, D., Adianti, A. A. F. P., & Nisa, H. M. (2022). Efektivitas Komunikasi Penyuluhan Pengembangan Desa Wisata Melalui Pembentukan Kelompok Sadar Wisata Berbasis Sapta Pesona. Karya Unggul : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 145–151.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zainal Abidin Achmad, Yenny Wuryandari, Kusuma Wardhani Mas’udah, M. Husni Tamrin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id