Peningkatan Produktivitas Kearifan Lokal Kerajinan Tangan Tas Rajut Sebagai Bentuk Identitas Bangsa

Eva Amalijah, Novi Andari, Maulidah Narastri

Abstract


Tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan produktivitas kearifan lokal terutama kerajinan tangan tas rajut menjadi komoditas bangsa yang dapat menjadi salah satu potensi identitas kebangsaan. Kreativitas melalui kerajinan tangan dengan mengangkat kearifan lokal dikembangkan agar terbentuk menjadi UMKM yang kuat. Premium Crochet & Leather Bag Tatti Crochet diproduksi di kota Malang sudah memiliki ciri khas, namun tidak dapat berkembang karena produktivitasnya terhambat karena tidak memiliki sarana produksi yang memadai. Pendekatan yang diberikan untuk memberikan bantuan kepada produsen tas rajut ini adalah dengan memberikan bantuan berupa sarana produksi untuk mendukung permintaan pelanggan menjadi lebih cepat dengan harga yang tetap dapat bersaing di pasaran. Hasil yang dicapai dari pemberian bantuan sarana produksi berupa alat jahit kulit ini adalah percepatan proses produksi dan penekanan harga jual produk sehingga dapat memiliki daya saing yang kuat.

 

The purpose of this Community Service activity is to increase the productivity of local wisdom, especially knitting bag handicrafts, to become a national commodity that can become a potential national identity. Creativity through handicrafts by raising local wisdom is developed to form a strong MSME. Premium Crochet & Leather Bag Tatti Crochet produced in the city of Malang already has a characteristic but cannot develop because its productivity is hampered because it does not have adequate production facilities. The approach given to aid this knitting bag manufacturer is to aid in the form of production facilities to support customer demand faster at prices that can still be competitive in the market. The results achieved from the provision of production facilities in the form of leather sewing equipment are the acceleration of the production process and the suppression of the selling price of the product so that it can have a strong competitiveness.


Keywords


Kearifan Lokal, Produktifitas UMKM, Kerajinan Tangan, Identitas Bangsa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. & Suesthi, R. (2018). Peningkatan Kapasitas Produksi melalui Peningkatan Teknologi pada Usaha Mikro Kripik Singkong. J-Abdimas (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 6(1), 1-17.

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Raja Grafindo

Boediono. (2002). Ekonomi Makro: Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Edisi 2. Yogyakarta: BPEE

Dian, S. (2018). Pola Perilaku Pembelian Produk Fashion pada Konsumen Wanita: Sebuah Studi Kualitatif pada Mahasiswa FEUI dan Pengunjung Butik N.y.l.a. Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Gina, M. (2020). Analisis Dampak Lingkungan Aktivitas Produksi Industri Gula bagi Kesehatan Masyarakat di Desa Tirtonirmolo Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Social Politics and Government (JSPG), 2(2), 166-176.

Hendrawati, Hamid. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.

Heru, S. (2014). Kajian Komoditas Unggulan, Andalan, dan Potensial di Kabupaten Grobogan. Journal of Rural and Development, 5(1), 63-76.

Kalidjernih, F. K. (2010). Kamus Study Kewarganegaraan, Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara.

Kusuma, A., R. & Risal, M. (2020). Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pelatihan Pembelajaran Website Desa di Desa Loa Durulu. Jurnal Plakat, 2(2), 140-149. http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4971

Mahardika, IW., T. & Darmawan, C. (2016). Civic Culture dalam Nilai-Nilai Budaya dan Kearifan Lokal Masyarakat Bali Aga Desa Trunyan. Jurnal Humanika 23(1), 20-31. https://doi.org/10.14710/humanika.23.1.20-31

Mulyadi. (2009). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIE YPKPN

Sukirno, S. (2008). Teori Pengantar Makroekonomi edisi 3. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Wirawan, R. (2019). Mendorong Peningkatan Daya Saing SDM Kalimantan Timur melalui Seminar Beasiswa Wish Festival & Education Expo. Jurnal Plakat 1(1), 27-37. http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2692

Yus, D. (2016). Kearifan Lokal Kerajinan Bordir Tasikmala sebagai Ekonomi Kreatif Terbuka untuk Modern. Journal of Nonformal Education, 2(2), 108-119. DOI: https://doi.org/10.15294/jne.v2i2.6556.

statista.com

ukmindonesia.id. (2020). Peluang Komoditas Ekspor bagi UKM. bit.ly/ukmindonesia.02

https://drive.google.com/file/d/1pVGlXxVkUMjZmQFqKfCiAeQjHCZXIgRg/view




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eva Amalijah, Novi Andari, Maulidah Narastri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id