Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda

Lailatul Hijrah, Muhammad Fikry Arransyah, Khanaya Putri, Novia Arija, Rini Kurniawati Putri

Abstract


Canva adalah aplikasi desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat ini tersedia dalam beberapa versi, yaitu pada versi web, iPhone, dan Android. Di masa seperti sekarang ini, lembaga pendidikan memberikan pelajaran tentang bagaimana mendesain suatu hal untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah Perguruan Tinggi. Salah satu fungsi dari Perguruan tinggi ialah berperan sebagai wadah dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengkajian di berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya, ekonomi dan lain-lain serta memberikan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi manusia yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di berbagai bidang kehidupan. Salah satu contoh pengabdian yang dibuat oleh Perguruan Tinggi ialah memberikan pelatihan kepada masyarakat atau lebih tepatnya adalah para pelajar sebagai bentuk praktik terhadap ilmu yang telah diberikan. Pelatihan yang diselenggarakan ini sekiranya dapat membantu pelajar agar mempersiapkan dan memberi pembekalan terhadap pelajar atau siswa di Samarinda khususnya penggunaan aplikasi Canva. Kegiatan pelatihan ini juga bertujuan agar siswa dapat lebih matang dan siap untuk menuangkan ide karya mereka dan membawa nama baik pribadi, lembaga ataupun sampai ke tingkat Universitas dan siswa yang berkualitas baik dalam menggunakan aplikasi Canva sebagai pendukung kegiatan acara di sekolah.


Keywords


Canvas, Pelatihan, Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. JURNAL ILMIAH PRO GURU .

John, D. (2018, April 12). Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan Menurut Para Ahli. Retrieved April 21, 2021, from Silabus: https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/

Mukti, P., Sujoko, Shanty, P., & Yuniati, R. (2020). Pembelajaran Rumah Anak Berbasis Multiple Intelligence. PLAKAT , 2.

Prawiro, M. (2018, September 03). Seni Rupa: Pengertian, Unsur-Unsur, Fungsi, dan Jenisnya. Retrieved April 21, 2021, from Maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/seni-rupa.html

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. PLAKAT .




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lailatul Hijrah, Muhammad Fikry Arransyah, Khanaya Putri, Novia Arija, Rini Kurniawati Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id