Optimalisasi Usaha Bumdes Mulya Bersama Melalui Peningkatan Kualitas Produk UMKM Desa Mulawarman

Finnah Fourqoniah, Adietya Arie Hetami, Hera Hera, Tri Handayani, Syafitri Syafitri

Abstract


Seiring dengan lahirnya Permendesa PDTT Nomor 4 Tahun 2015 semakin memberikan peluang bagi desa dalam mengembangkan potensi ekonomi melalui BUMDes. Badan Usaha Milik Desa merupakan badan usaha yang didirikan dengan tujuan untuk membantu perekonomian dan mensejahterakan kehidupan masyarakat desa. Dalam mencapai tujuan tersebut, BUMDes harusnya memiliki pengelolaan yang profesional agar mampu bersaing dengan badan usaha lainnya. Salah satunya, BUMDes Mulya Bersama yang terletak di Desa Mulawarman Kabupaten Kutai Kartanegara. Melalui dukungan dari pemerintah desa, BUMDes ini mulai menjalankan kegiatan operasionalnya pada beberapa industri rumahan yang potensial untuk dikembangkan. Permasalahan Administrasi dan Pemasaran masih menjadi kendala dalam mengembangkan bisnis karena pengetahuan terkait hal tersebut masih relatif rendah. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan BUMDes dengan memberikan pelatihan Administrasi dan Pemasaran dengan mitra sasaran BUMDes Mulya Bersama, PKK Desa Mulawarman. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah agar para pengurus BUMdes dapat memahami mengenai administrasi dan pemasaran serta memiliki keahlian untuk mengimplementasikan secara langsung dalam kegiatan BUMDes.


Keywords


BUMDes, Desa, Industri Rumahan

Full Text:

PDF

References


Boer, K. M., Wibowo, S. E., & Arsyad, A. W. (2019). Edukasi Pemasaran Dan Branding Dalam Meningkatkan Skill Kewirausahaan. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 39-40.

Hardijono. (2014). Economic Independence of The Village Through Institusional Village Enterprises (BUMDes). IOSR Journal of Economics and Finance (IOSR-JEF) 3(2), 21-30.

Hu, Z. (2008). Power to the People? Villagers self-rule in a North China village from the local's point of view. Journal of Contemporary China 17(57), 611-631.

Prasetyo, R. A. (2016). Peranan BUMDes Dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pejamban Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Dialektika, 10 (1) 86-100.

Ramadana, C. B., Ribawanto, H., & Suwondo. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi Di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6), 1068-1076.

Sahdan. (2007). Membebaskan Desa dari Jeratan Kemiskinan. Mudik VIII.

Sayutri, M. (2011). Pelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penggerak Potensi Ekonomi Desa dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Donggala. Jurnal ACADEMICA Fisip Untad 3(2), 717-728.

Sumber Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa. (2021, Maret 28). Daftar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). From http://datin.kemendesa.go.id

Zulkarnaen, R. (2016). Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pondok Salam Kabupaten Purwakarta. Jurnal Dharmakarya, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Finnah Fourqoniah, Adietya Arie Hetami, Hera Hera, Tri Handayani, Syafitri Syafitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id