Mendorong Kreatifitas Mahasiswa Melalui Pengenalan dan Pelatihan Bisnis Online Bersama Shopee

Tendy Tendy

Abstract


Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan presiden Joko Widodo telah menyusun strategi dalam menghadapi era digital, yang kemudian dituangkan dalam program Making Indonesia 4.0. Program ini diluncurkan dengan berangkat dari fenomena perkembangan revolusi industri 4.0 yang sangat cepat dewasa ini. Rasionalitas dari peluncuran Making Indonesia 4.0 juga menyadarkan pemerintah bahwa dewasa ini perkembangan teknologi telah menempatkan generasi muda sebagai pemain penting yang dinilai memiliki kapasitas dan kapabilitas yang cukup dalam pertarungan pada industri 4.0 ini. Di sisi lain, revolusi teknologi terutama pada sektor komunikasi dan informatika telah membuka peluang yang besar bagi perkembangan bisnis jual beli online yang semakin akrab di keseharian masyarakat luas. Beragam barang dan jasa ditawarkan dengan model transaksi yang praktis dan mudah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Hubungan Internasional - Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur bekerjasama dengan Shopee untuk mendorong potensi niaga di kalangan mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0, melalui pengenalan dan pelatihan bisnis online bersama Shopee


Keywords


Mahasiswa, Pelatihan, Bisnis Online, Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


% Pengguna Internet di Indonesia Pernah Menggunakan E-Commerce, tersedia dalam https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/03/96-pengguna-internet-di-indonesia-pernah-gunakan-e-commerce

Di balik jumlah pegawai bank yang makin susut, tersedia dalam https://tirto.id/di-balik-jumlah-pegawai-bank-yang-makin-susut-dkrg

Duarte, Fernando, Berapa banyak waktu yang dihabiskan rakyat Indonesia di media sosial? tersedia dalam https://www.bbc.com/indonesia/majalah-49630216

Easa, Khalid M, 2019, Marshall McLuhan’s Understanding Media: The Extensions of Man (An Analysis of How the Medium is the Message Challenges Conventional Thought about Mans Relationships with Technology), tersedia dalam https://www.researchgate.net/publication/339659279_Marshall_McLuhan's_Understanding_Media_The_Extensions_of_Man_An_Analysis_of_How_the_Medium_is_the_Message_Challenges_Conventional_Thought_About_Mans_Relationships_with_Technology

Julaika, Hilda, Produk Asing Banjiri E-Commerce Indonesia Hingga 90 Persen, tersedia dalam: https://mediaindonesia.com/ekonomi/277602/produk-asing-banjiri-e-commerce-indonesia-hingga-90-persen

Kasemin, Kasiyanto, 2015, Agresi Perkembangan Teknologi Informasi, Fajar Interpratama, Jakarta

Kuwado, Fabian Januarius, "Kata Presiden Jokowi tentang Cepatnya Revolusi Industri 4.0", tersedia dalam https://nasional.kompas.com/read/2018/10/26/14340951/kata-presiden-jokowi-tentang-cepatnya-revolusi-industri-40.

Makin Lesu, Ada 4.300 Gerai Ritel Bakal Tutup, tersedia dalam https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190304163813-33-58793/makin-lesu-ada-4300-gerai-ritel-bakal-tutup-di-2019

McLuhan, Marshall, 1964, Understanding Media; The Extension of Man, The MIT Press, London

Mufid, Muhamad, 2009, Etika dan Filsafat Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Orang Indonesia Habiskan Kian Banyak Kuota Internet Tiap Bulan, tersedia dalam https://inet.detik.com/cyberlife/d-4352866/orang-indonesia-habiskan-kian-banyak-kuota-internet-tiap-bulan

Pemerintah dorong industri ciptakan inovasi, tersedia dalam https://www.antaranews.com/berita/1026292/pemerintah-dorong-industri-ciptakan-inovasi

Pengguna Internet Indonesia Masuk Kategori 'Heavy User', Tiap Bulan Habiskan Kuota di Atas 5 GB, tersedia dalam https://bali.tribunnews.com/2018/12/26/pengguna-internet-indonesia-masuk-kategori-easy-user-tiap-bulan-habiskan-kuota-di-atas-5-gb.

Pemerintah Optimis Dorong Industri 4.0, tersedia dalam https://kemenperin.go.id/artikel/21480/Pemerintah-Optimis-Dorong-Industri-4.0

Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia, tersedia dalam https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media

Per Agustus 2019, jumlah rekening simpanan di bank mencapai 292,96 juta rekening, tersedisa dalam https://keuangan.kontan.co.id/news/per-agustus-2019-jumlah-rekening-simpanan-di-bank-mencapai-29296-juta-rekening?page=all

Pratomo, Yudha, "APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa", tersedia dalam https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/0326 037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa.

Rakhmat, Jalaluddin, 2009, Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung

Santoso, Edi dan Setiansah, Mite 2010, Teori Komunikasi, Graha Ilmu, Yogyakarta

Wirawan, R. (2019). Mendorong Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kalimantan Timur Melalui Seminar Beasiswa Wish Festival & Education Expo. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 27-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tendy Tendy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id