Program Pelatihan Wirausaha Dalam Pemanfaatan Sampah Kertas Koran Bekas Menjadi Kerajinan Fungsional Sebagai Upaya

Adi Aspian Nur, Suud Ema Fauziah, Dedik Wiryawan

Abstract


Permasalahan sampah sampai dengan saat ini khususnya di Kabupaten Bulungan dan sekitarnya masih menjadi persoalan tersendiri, sampah yang dimaksud adalah kertas koran. Koran setiap hari selalu menjadi bacaan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terbaru, sehingga setelah masyarakat selesai membaca koran maka koran tersebut tidak lagi digunakan atau disimpan, inilah yang menyebabkan volume sampah khususnya kertasmenjadi tinggi. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terkait sampah kertas koran dapat disimpulkan bahwa kertas koran dapatdidaur ulang sehingga bias dimanfaatkan atau digunakanmenjadi produk yang mempunyai nilai jual atau ekonomi.Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada para mahasiswa dan mahasiswi dalam bentuk pengarahan dan pemberian keterampilan tentang pemanfaatankertas koran bekas untuk berbagai jenis kerajinan  yang dapat digunakan sebagai industri kerajinanserta keterampilan merajut mahasiswa dan mahasiswi. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode diskusi (share), demonstrasi dan praktek langsung di lokasi pelatihan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan pelatihan dilakukan evaluasi pada tingkat penguasaan keterampilan dari tahap persiapan, pelaksanaan, penerapan keterampilan dan hasil yang diperoleh peserta. Hasil pelatihan menunjukan tingkat keberhasilan yang dicapai tergolong baik dan bermanfaat bagi peserta. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil kerajinan satu diantaranya berupa guci dari kertas koran bekas.


Keywords


Sampah, Kertas Koran Bekas, Daur Ulang

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). MENINGKATKAN KOMITMEN ORGANISASI MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN DIRI. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 2(1), 81–89.

Data Statistik Sampah Di Indonesia - Usaha Rumahan. (n.d.). Retrieved February 4, 2021, from https://usaharumahan.id/data-statistik-sampah-di-indonesia/

Kurniawan, W., Suprianto, A., & Sumardiyono, B. (2016). Rancangan Sistem Forum Diskusi Online Untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen Dan Mahasiswa. Jurnal Rekayasa Informasi, 5(2), 43–51.

Nur, A. A., Wiryawan, D., & Amrie, M. Al. (2020). Kepuasan Konsumen Astra Motor Honda Tanjung Selor Terkait Pelayanan Showroom. 2(2), 109–117.

Panitia Salat Id Kumpulkan Ratusan Sampah Kertas | Radar Tarakan. (n.d.). Retrieved February 4, 2021, from https://kaltara.prokal.co/read/news/6511-panitia-salat-id-kumpulkan-ratusan-sampah-kertas.html

Surasmi, I. A., Martadiani, A. A. M., Amlayasa, A. . B., & Senimantara, N. (2020). View of PEMBERDAYAAN PENGRAJIN KORAN BEKAS SATYA BALI KREATIF DI DESA SUMERTA KAUH KOTA DENPASAR. Jurnal Sewaka Bhakti, Volume 5,(embaga Penelitian dan Pen gabdian Kepada Masyarakat Universitas Hindu Indonesia Denpasar), 08–16. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/sewakabhakti/article/view/1109/718




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adi Aspian Nur, Suud Ema Fauziah, Dedik Wiryawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id