Psikoedukasi Online Pendampingan Anak Belajar Daring Akibat Terdampak Pandemi Covid 19

Devi Rusli, Suci Rahma Nio, Amin Akbar, Nurmina Nurmina

Abstract


Covid19 adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus corona yang muncul awal 2020 di Indonesia. Pandemi Covid 19 telah berdampak luas pada semua sektor kehidupan tanpa terkecuali pada dunia pendidikan. Menurut informasi dari media online Republika.com disimpulkan bahwa belajar daring (dalam jaringan) menimbulkan masalah baru terutama bagi orangtua. Orangtua mengeluhkan belajar daring di rumah menambah kesibukan mereka. Wali murid merasa stres mengawasi kegiatan belajar anak di rumah karena sekolah memberikan sejumlah tugas pada siswa dan setiap hari tugas-tugas tersebut dikirimkan kepada gurunya melalui email (surat elektronik). Orangtua juga mengeluhkan anak mereka belajar terlalu santai (kurang serius), anak memegang HP (gawai) sambil bermain game online. Oleh karena itu diperlukan suatu program intervensi psikologi berupa psikoedukasi online dalam mendampingi anak belajar daring dirumah. Tujuan psikoedukasi online ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman tentang strategi yang efektif bagi orangtua agar dapat mendampingi anak-anak SDIT Mutiara Pariaman belajar daring di rumah. Psikoedukasi pendampingan ini diberikan pada 26 orangtua siswa dengan menggunakan metode seminar, diskusi dan pendampingan orangtua. Efektivitas psikoedukasi dalam mendampingin anak belajar daring diukur dengan kuesioner pre-test dan post-test yang diisi oleh orangtua siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman orangtua setelah mengikuti psikoedukasi online.

Keywords


Psikoedukasi Online, Belajar Daring, Covid 19.

Full Text:

PDF

References


WHO (2020, Maret 26). World Health Organization. Retrieved from Coronavirus disease (COVID-19) outbreak:https://www.who.int/emergencies/diseases/novel- coronavirus-2019.

Kompas.com. (2020, Maret 18). "Curhat Emak-emak di Depok soal Belajar dari Rumah, Sampai Bikin Stres", https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/18/122037771/curhat-emak-emak-di-depok-soal-belajar-dari-rumah-sampai-bikin-stres?page=all.

Haluan,com. (2020, Maret 24). “Keluh Kesah Orang Tua dengan Belajar Online saat Corona mewabah”https://www.harianhaluan.com/news/detail/90365/keluh-kesah-orang-tua-dengan-belajar-o nline-saat-corona-mewabah.

International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC). Mental Health and Psychosocial Support for Staff, Volunteers and Communities in an Outbreak of Novel Coronavirus. IFRC: Hong Kong, 2020.

ONG Inclusiva. Recommendations for health protection of people with disabilities during outbreaks: Lessons learned from the 2019 Novel Coronavirus. ONG Inclusiva, 2020.

West China Medical University. New coronavirus handbook for public psychological protection. West China Medical University, 2020.

Republika.co.id. (2020, Maret 17). “Murid Belajar di Rumah: Stres Orang Tua dan Kendala Lainnya” diambil dari https://republika.co.id/berita/q7dlrn409/murid-belajar-di-rumah-stres-orang-tua-dan-kendala-lainnya




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Devi Rusli, Suci Rahma Nio, Amin Akbar, Nurmina Nurmina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id