Pelatihan Manajemen Stres dan Relaksasi Bagi Ibu Rumah Tangga Terdampak Covid 19 di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang

Nurmina Nurmina, Netrawati Netrawati, Rinaldi Rinaldi

Abstract


Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus baru yang belum pernah teridentifikasi pada manusia sebelumnya. Virus terdeteksi pertama kali di Wuhan, China. Kemudian menyebar dan menjadi pandemi hampir di seluruh dunia. Jumlah orang yang terinfeksi dan dites positif karena terpapar meningkat dengan cepat. Kita semua tidak pernah tahu pasti kapan wabah covid-19 ini akan berakhir. Pandemi Covid 19 berdampak buruk tidak hanya pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Saat ini, hampir semua orang mengalami ketakutan dan kecemasan. Tindakan untuk mengurangi penularan Covid-19 dengan memberlakukan pembatasan sosial, memberi tekanan pada semua orang karena tidak bisa bergerak dengan bebas. Berdasarkan beberapa hasil penelitian, kelompok yang lebih rentan mengalami stres akibat pandemi Covid 19 adalah perempuan yang lebih banyak terbebani karena mengasuh anak. Untuk mengatasi dampak psikologis jangka panjang, perlu dilakukan langkah-langkah untuk meredakan kecemasan dan stres yang dialami ibu rumah tangga. Ada beberapa cara untuk mengurangi stres. Cara mudah melakukannya sendiri di rumah adalah terapi relaksasi. Awalnya para ibu yang lebih terbebani dengan mengasuh anaknya mendapatkan pelatihan. Kemudian dia bisa melakukan kegiatan ini secara rutin dan mandiri sendiri di rumah. Berdasarkan hasil pengukuran akhir dapat diketahui bahwa terapi relaksasi cukup efektif dalam mengurangi kecemasan dan stres ibu rumah tangga baik karena harus menemani anaknya belajar online dirumah maupun mengalami masalah keuangan.

Keywords


Pelatihan Manajemen Stres, Terapi Relaksasi, Ibu Rumah Tangga, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Atkinson, R. L., Atkinson, R. C., Smith, E. E., & Bem, D. J. (2009). Introduction to psychology (16th ed.). United Kingdom: Cengage Learning EMEA.

Liu, N., Zhang, F., Wei, C., Jia, Y., Shang, Z., Sun, L., ... & Liu, W. (2020). Prevalence and predictors of PTSS during COVID-19 outbreak in China hardest-hit areas: Gender differences matter. Psychiatry research, 112921.

Magistarina, E., Utami, R. H., Nurmina, N., Fitriani, M., & Sari, R. P. (2019). Pengembangan Helping Skill Pada Remaja Smp N 2 Sungayang Kabupaten Tanah Datar. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2), 153-160.

Marliani, R., Nasrudin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. (2020). Regulasi emosi, stres, dan kesejahteraan psikologis: Studi pada ibu work from home dalam menghadapi pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN SGD Bandung.

Othman, N. (2020). Depression, Anxiety, and Stress In The Time of COVID-19 Pandemic In Kurdistan Region, Iraq. Kurdistan Journal of Applied Research, 37-44.

Sari, A. D., & Subandi. (2015). PelatihanTeknik Relaksasi Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Primary Caregiver Penderita Kanker Payudara. Gadjah MAda Journal of Professional Psychology, 1(3), 173-192.

Serafini, G., Parmigiani, B., Amerio, A., Aguglia, A., Sher, L., & Amore, M. (2020). The psychological impact of COVID-19 on the mental health in the general population. QJM: An International Journal of Medicine, 113(8), 531-537.

Thakur, V., & Jain, A. (2020). COVID 2019-suicides: A global psychological pandemic. Brain, behavior, and immunity.

Zhai, Y., & Du, X. (2020). Loss and grief amidst COVID-19: A path to adaptation and resilience. Brain, Behavior, and Immunity.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurmina Nurmina, Netrawati Netrawati, Rinaldi Rinaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id