Pembelajaran Ramah Anak Berbasis Multiple Intelligence

Patria Mukti, Sujoko Sujoko, Prilya Shanty A, Rosita Yuniati

Abstract


Sekolah merupakan lingkungan formal pertama anak melakukan pembelajaran. Sehingga sistem pembelajaran di sekolah perlu memperhatikan berbagai macam hal agar tercipta suasana pembelajaran yang ramah anak. Sekolah ramah anak adalah tempat pendidikan yang secara sadar menjamin dan memenuhi kebutuhan anak dalam mengembangkan kecerdasan mereka. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru harus memperhatikan segala aspek yang dapat menghambat dan mengembangkan kecerdasan mereka khususnya dalam hal multiple intelligence. Mitra kegiatan PKM ini adalah PAUD Little Sun. Mitra ini berada di Mojosongo Surakarta. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu, belum memiliki kemampuan dalam melakukan asesmen multiple intelligence dan belum mengetahui model pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan belajar berbasis multiple intelligence. Tujuan dari program PKM ini adalah untuk membantu mitra dalam hal asesmen kecenderungan multiple intelligence yang dimiliki siswa dan memberikan edukasi model pembelajaran ramah anak yang tepat berbasis multiple intelligence. Setelah dilakukan asesmen multiple intelligence tentang ciri dan karakteristinya serta bagaimana melakukan deteksi multiple intelligence, guru-guru yang ada di PAUD Little Sun kini sudah memiliki pemahaman yang baik tentang multiple intelligence dan sudah mampu melakukan deteksi terhadap multiple intelligence.

Keywords


multiple intelligence, ramah anak.

Full Text:

PDF

References


Andrianie, P. S., Yuniati, R., & Giyanti, I. (2019). Pendayagunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Multiple Intelligences (MI) di Keluarahan Mojosongo. Abdimas Dewantara, 2(2), 182-189.

Armstrong, T. (2004). Multiple Intelligence di Sekolah. Terjemahan Yudhi Murtanto. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Legowo, E. (2017). Model pembelajaran berbasis penstimulasian multiple intelligences siswa. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1-8.

Lubis, H., Rosyida, A. H., Solihatun, N. H. (2019). Pola Asuh Efektif Di Era Digital . Plakat, 1(2), 102-109

Mukti, P & Andrianie, P, S. (2016). Child Friendly Learning Method Development Based Learning Style. Proceeding: The First International Conference on Child - Friendly Education, 427-430.

Olim, A. (2010). Mencari metode pendidikan karakter untuk PAUD: Belajar berbasis layanan (service learning). In Proceedings of the 4th international conference on teacher education (pp. 146-161).

Sutopo, A. (2015). Menyingkap Sekolah Ramah Anak. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dikti Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Patria Mukti, Sujoko Sujoko, Prilya Shanty A, Rosita Yuniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id