Kolaborasi Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era New Normal

Aulia Suhesty, Miranti Rasyid, Rini Fitriani Permatasari, Yolanda Sonia Cindy Putri

Abstract


Peningkatan jumlah kasus Covid-19 membuat ditetapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan Covid-19. Sehingga kebijakan ini berdampak ke segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Hal ini membuat beberapa instansi pendidikan membuat kebijakan pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah. Metode pengabdian dilakukan dengan cara metode ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan penjelasan secara langsung dari narasumber kepada peserta melaui zoom meeting. Tanya jawab dilakukan dengan memberikan kesempatan peserta untuk bertanya kepada narasumber. Berdasarkan uji beda Wilcoxon, didapatkan nilai mean sebelum webinar adalah sebesar 42.29 dan setelah webinar didapatkan nilai mean sebesar 52.09. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan webinar kolaborasi peran guru dan orang tua dalam menjalani pembelajaran dari rumah dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai peran guru dan orangtua serta strategi belajar yang efektif dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah.

Keywords


Covid-19, Kolaborasi Guru dan Orang Tua, Pembelajaran dari Rumah

Full Text:

PDF

References


Jenewa. (2020). WHO tetapkan wabah virus corona sebagai pandemi global Kompas TV. https://www.kompas.tv/article/70893/who-tetapkan-wabah-virus-corona-sebagai-pandemi-global.

Kemendikbud. (2020). Materi seri webinar guru belajar: adaptasi pembelajaran masa pandemi Dit. GTK Dikdas 2020. http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/materi-seri-webinar-guru-belajar-adaptasi-pembelajaran-masa-pandemi-dit-gtk-dikdas-2020

Muslihuddin. (2016). Meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan media pembelajaran melalui kegiatan workshop. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 51-58.

Sasi, D. N dan Syafrudin, U. (2019). Meningkatkan pemahaman orangtua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini melalui kegiatan seminar pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 29-34.

Rasyid, M., Suhesty, A., Nugroho, H., & Aulia, M. R. (2019). Peningkatan Keterampilan Pengasuhan Positif Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pelatihan Helping Parents with Challenging Children. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2), 128-138.

Sofia, L., Indah, M. S., Sabila, A dan Mulyanto, S. A. D. (2020). Pelatihan komunikasi interpersonal untuk komunikasi efektif. Jurnal PLAKAT, 2(1), 72-80.

Vianasari, Yanzi. H dan Nurmalisa, Y. (2015). Pengaruh pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan terhadap keberhasilan belajar anak. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(6).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aulia Suhesty, Miranti Rasyid, Rini Fitriani Permatasari, Yolanda Sonia Cindy Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id