Peningkatan jumlah kasus Covid-19 membuat ditetapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan Covid-19. Sehingga kebijakan ini berdampak ke segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Hal ini membuat beberapa instansi pendidikan membuat kebijakan pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah. Metode pengabdian dilakukan dengan cara metode ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan penjelasan secara langsung dari narasumber kepada peserta melaui zoom meeting. Tanya jawab dilakukan dengan memberikan kesempatan peserta untuk bertanya kepada narasumber. Berdasarkan uji beda Wilcoxon, didapatkan nilai mean sebelum webinar adalah sebesar 42.29 dan setelah webinar didapatkan nilai mean sebesar 52.09. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan webinar kolaborasi peran guru dan orang tua dalam menjalani pembelajaran dari rumah dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai peran guru dan orangtua serta strategi belajar yang efektif dalam melaksanakan pembelajaran dari rumah.
Keywords
Covid-19, Kolaborasi Guru dan Orang Tua, Pembelajaran dari Rumah
Jenewa. (2020). WHO tetapkan wabah virus corona sebagai pandemi global Kompas TV. https://www.kompas.tv/article/70893/who-tetapkan-wabah-virus-corona-sebagai-pandemi-global.
Kemendikbud. (2020). Materi seri webinar guru belajar: adaptasi pembelajaran masa pandemi Dit. GTK Dikdas 2020. http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/materi-seri-webinar-guru-belajar-adaptasi-pembelajaran-masa-pandemi-dit-gtk-dikdas-2020
Muslihuddin. (2016). Meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan media pembelajaran melalui kegiatan workshop. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 51-58.
Sasi, D. N dan Syafrudin, U. (2019). Meningkatkan pemahaman orangtua dan guru tentang hakikat pendidikan anak usia dini melalui kegiatan seminar pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 29-34.
Rasyid, M., Suhesty, A., Nugroho, H., & Aulia, M. R. (2019). Peningkatan Keterampilan Pengasuhan Positif Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Pelatihan Helping Parents with Challenging Children. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2), 128-138.
Sofia, L., Indah, M. S., Sabila, A dan Mulyanto, S. A. D. (2020). Pelatihan komunikasi interpersonal untuk komunikasi efektif. Jurnal PLAKAT, 2(1), 72-80.
Vianasari, Yanzi. H dan Nurmalisa, Y. (2015). Pengaruh pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan terhadap keberhasilan belajar anak. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(6).
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id