Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan, Digital Marketing Serta Sosialisasi Pengurusan Perizinan Sertifikasi Halal UMKM Keripik Usus Ibu Parmiati

Novi Satria Jatmiko, Retno Rufianti, Indri Dwi Sugiarti, Azizah Nur Rahmah, Sartika Eka Sarailla

Abstract


Business actors in Balikpapan face obstacles in financial records, product marketing through digital applications and obtaining halal certification permits. The purpose of this activity is to provide an effective understanding of financial records, product marketing strategies, and halal certification to business actors to increase product selling value. The Community Service Program (PKM), which starts from July 24, 2023, to October 24, 2023, is carried out through mentoring and training activities. The participants in the activity involved business actors in one of the urban villages in Balikpapan, namely MSMEs Intestinal Chips Mrs. Parmiyati. The evaluation of activities shows an increase in the understanding of business actors in financial records, digital marketing, and halal certification. The result obtained after the evaluation is carried out, the understanding of MSME actors is quite good. This is known from Mrs. Parmiyati's ability to carry out financial records and do Digital Marketing, while the management of halal certification has also been successful with the issuance of a Halal Certificate for her intestinal chip products.

Pelaku usaha di Balikpapn menghadapi kendala dalam pencatatan keuangan, pemasaran produk melalui aplikasi digital dan pengurusan perizinan sertifikasi halal. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman efektif tentang pencatatan keuangan, strategi pemasaran produk, dan sertifikasi halal kepada pelaku usaha untuk meningkatkan nilai jual produk. Program pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dimulai pada 24 Juli 2023 sampai dengan 24 Oktober 2023 ini dilakukan melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan. Peserta kegiatan melibatkan pelaku usaha di salah satu kelurahan di Balikpapan, yaitu UMKM Keripik Usus Ibu Parmiati. Evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku usaha dalam pencatatan keuangan, pemasaran digital dan sertifikasi halal. Hasil akhir yang didapatkan bahwa setelah dilakukan evaluasi adalah pemahaman pelaku UMKM sudah cukup baik. Hal ini diketahui dari sudah mampunya Ibu Parmiati melakukan pencatatan keuangan dan pembuatan Digital Marketing, sedangkan pengurusan sertifikasi halalnya juga sudah berhasil dengan telah terbitnya Sertifikat Halal produk keripik ususnya.


Keywords


Financial Recordkeeping, Marketing, Halal Certification

Full Text:

FULL TEXT

References


Aldana, S., Haq, A., & Muljanto, M. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Adaptasi Digital Marketing Pada UMKM Kalirungkut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 1958–1963. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3.1260

Amal, M. K., & Lestari, N. A. (2023). Optimasi aspek legal sertifikasi halal umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5079–5086. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Azlina, N., Taufik, T., Putri, S. M., & Indrapraja, M. H. D. (2020). Pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM di Kabupaten Kampar. Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 66–71. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.66-71

Bangun, C. S., & Purnama, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826

Febriani, I., & Aziz, I. A. (2023). Pelatihan Pencatatan Laporan Keuangan UMKM Desa Wates Jaya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 156–172. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.7160

Hendrasari, E., Isnata, F., Yulfajar, A., Studi Akuntansi, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, S. (2023). Penerapan Digital Marketing Terhadap Penjualan UMKM Filiya Galeri. Februari, 3(2), 188–193. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/208

Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. In PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat (pp. 253–266). scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/l55wzqcvojdz3bcpmtowksliy4/access/wayback/http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/plakat/article/download/8955/pdf

Kewo, C. L., Motoh, R., & Marunduh, A. P. (2023). Sosialisasi Peningkatan Literasi Keuangan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Kelurahan Sagerat Kota Bitung. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2785–2790. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6661

Listiyana, O., Alfin, R., Iriani, E., Aida, N., Tinggi, S., & Gempol, I. E. (2023). Pelatihan Penggunaan Teknologi Digital Marketing Guna Pengembangan Usaha Umkm Di Desa Pesawahan Porong Sidoarjo. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 345–350. http://bajangjournal.com/index.php/JPM

Mesta, H. A., Fitra, H., Triani, M., Khair, M., & Irmi, V. (2023). Program Kemitraan Pelatihan Sertifikasi Halal Gratis ( Sehati ) Untuk UMKM di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Manaruko Jurnal Pengabdiann Masyarakat, 2(2), 93–100. https://doi.org/10.24036/manaruko.v2i2.20

Meta Sari, A., Kusumaningati, W., & Anastasia Yudistirani, S. (2022). Pelatihan Sertifikasi Halal untuk Usaha Kecil dan Mikro (UKM). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6.

Muharam, H., Gursida, H., Hasyim, W., Daryono, & Ramdan, M. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN UMKM DI TAJUR HALANG KAB. BOGOR. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 3(5), 28–33. https://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/185/101

Nadya, A. Q., Hafidz, A. ridho, Latifa, A., & Fikri, S. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i1.25

Narsi, I., Bessi, A., Yunarti Manehat, B., Akuntansi, P., Ekonomi, F., & Katolik Widya Mandira Kupang, U. (2023). Penerapan Green Accounting Pada Laporan Keuangan Umkm (Studi Literatur Pada Umkm Di Indonesia). 8(1), 21–26.

Nuraisyah, Haryono, D., & Lutfiani. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk Dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula). SiKemas Journal, 2, 63–78. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/sikemas.v2i2.1285

Pasaribu, M. K., Larasati, A. N., Siahaan, D. F., & Manik, B. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275

Pebriana, L. K. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing untuk UMKM di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Tasnim Journal for Community Service, 4(1), 27–31. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/21%0Ahttps://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/download/21/24

Rachman, A., Sunardi, S., Simatupang, A. D. R., Tidjani, S., & Azwar, M. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal Dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Bagi Pelaku UMKM Kedu Emas Tangerang. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(1), 1–8. https://doi.org/10.33366/japi.v8i1.4558

Rahayu, M., Sari, B., Utami, N. E., & Emarawati, J. A. (2022). Laporan Keuangan Mudah dengan Si APIK bagi UMKM. Rahayu, Maryati Sari, Bida Utami, Nastiti Edi Emarawati, Jayanti Apri, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i1.2369

Ramayanti, F. H. T. N. R. (2022). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berbasis SAK EMKM (Studi Kasus Pada UMKM Madu Huwaida). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana, 1016–1022. https://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JABK/article/view/780/pdf

Sanistasya, P. A., Aransyah, M. F., Jelita, G., & Wardana, E. D. (2023). Financial Literacy Training for MSMEs Actors In. JURNAL PLAKAT, 5(1), 118–132.

Susanti, D. A., Mulyani, U. R., Fadhlan, A., & Yuwanda, T. (2023). Pengaruh Ukuran Usaha, Persepsi Pemilik Dan Lama Usaha Terhadap Pemahaman Umkm Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasakan Sak-Emkm (Studi Pada Umkm Di Kabupaten Demak). JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 7(1), 24. https://doi.org/10.15548/jebi.v7i1.386

Widiati, S., & Azkia, L. I. (2023). Strategi Pengembangan Usaha dan Peran Sertifikasi Halal Produk Pangan Lokal UMKM dalam Menunjang Ketahanan Pangan Tingkat Rumah Tangga. Sebatik, 27(1), 27. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2275

Wulandari, O. A. D. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Sertifikasi Halal Bagi Produk UMKM Di Purbalingga. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2), 116–121. https://doi.org/10.59025/js.v2i1.82

Yunia, D., Mulyasari, W., Nofianti, N., & Astuti, K. D. (2020). Pelatihan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Smartphone. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 1(1), 58–64. https://doi.org/10.55583/arsy.v1i1.37




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v6i1.13348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novi Satria Jatmiko dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id