Pembentukan Agen Perubahan “Aku Anak Berani” untuk Edukasi Bahaya Pornografi dan Pencegahan Kekerasan Seksual

Nadya Novia Rahman, Nanik Handayani, Ridha Wahyuni, Dian Dwi Nur Rahmah

Abstract


The Internet is accessible to all age groups, including children. The ease of information obtained through the Internet causes vulnerable children to be exposed to pornographic content. Exposure to pornographic content in children can cause negative impacts both cognitively and behaviorally, one of which is behavior that leads to acts of sexual violence. The establishment of the Change Agent "I'm a Brave Child" is a strategy to disseminate information about the negative impact of pornography and the prevention of sexual violence through peer roles. The methods used in this activity are psychoeducation, role-playing, and the practice of group campaigns. The participants were 12 students who were members of the school health unit. The results of this activity showed an increase in the participants' knowledge and understanding of the dangers of pornography and the prevention of sexual violence. The participants were able to practice campaigning in front of the other students. In addition, the evaluation results showed an understanding among other students regarding the negative impact of pornography and the prevention of sexual violence. It indicates that campaign practices carried out by change agents can help enhance other students' insight into the negative impact of pornography and the prevention of sexual violence.

Internet dapat diakses oleh berbagai kelompok usia, termasuk anak-anak. Mudahnya informasi yang didapatkan melalui internet menyebabkan anak rentan terpapar konten pornografi. Paparan terhadap konten pornografi pada anak dapat menyebabkan munculnya dampak negatif secara kognitif maupun perilaku, salah satunya adalah perilaku yang mengarah pada tindak kekerasan seksual. Pembentukan Agen Perubahan “Aku Anak Berani” merupakan upaya untuk menyebarkan infomasi mengenai bahaya pornografi dan pencegahan kekerasan seksual melalui peran teman sebaya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah psikoedukasi, bermain peran, dan praktik berkampanye secara berkelompok. Peserta kegiatan berjumlah 12 siswa yang merupakan anggota dokter kecil di sekolah. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai bahaya pornografi dan pencegahan kekerasan seksual. Para peserta mampu melakukan praktik berkampanye kepada siswa lainnya. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan adanya pemahaman pada siswa lain di luar agen mengenai bahaya pornografi dan pencegahan kekerasan seksual. Hal ini mengindikasikan bahwa praktik bekampanye yang dilakukan oleh agen perubahan dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa lainnya terkait bahaya pornografi dan pencegahan kekerasan seksual.


Keywords


Agent of Change; Negative Impact of Pornography; Prevention of Sexual Violence

Full Text:

FULL TEXT

References


Abdullah, E. S. P. (2020). Self-control untuk mengurangi perilaku menonton film dewasa di internet. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 7(2), 55–64. https://doi.org/10.22219/procedia.v7i2.13023

Adarsh, H., & Sahoo, S. (2023). Pornography and Its Impact on Adolescent/Teenage Sexuality. Journal of Psychosexual Health, 5(1), 35–39. https://doi.org/10.1177/26318318231153984

Afriliani, C., Azzura, N. A., Regina, J., & Sembiring, B. (2023). Faktor Penyebab dan Dampak dari Kecanduan Pornografi di Kalangan Anak Remaja Terhadap Kehidupan Sosialnya. Harmony, 8(1), 7–14. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony

Agustina, P. W., & Ratri, A. K. (2018). Analisis Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 151–155. journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4993

Amalia, E., Afdila, F. L., & Andriani, Y. (2018). Pengaruh Pemberian Pendidikan Seksual Terhadap Kejadian Kekerasan Seksual Pada Anak Di Sd Negeri 04 Balai Rupih Simalanggang Payakumbuh Tahun 2018. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 5(2), 162–168. https://doi.org/10.33653/jkp.v5i2.125

Astari, R. Y., & Fitriyani, E. (2019). Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di Wilayah Puskesmas DTP Ciparay. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada, 10(2), 150–159.

Dania, I. A. (2020). Kekerasan Seksual Pada Anak. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 19(1), 46–52. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v19i1.15

Devita, Y., Nita, Y., & Alfianur. (2022). EDUKASI PENGENALAN DAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK DAN REMAJA DI PANTI ASUHAN ANAK YATIM/ FAKIR MISKIN AR-RAHMAN PEKANBARU. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(8.5.2017), 2916–2926. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/7140/pdf

Djaali, N. A., Wijayanti, W., Widodo, Y. B., & Simaibang, F. H. (2020). Pembentukan Duta Cilik Anti Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Reproduksi Dini Di SDN Bambu Apus 01 Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 1(2), 76–86. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i2.134

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Luthfiyatin, L., Suprijono, A., & Yani, M. T. (2020). Perubahan Perilaku Seksual Anak Terpapar Pornografi Usia Sekolah Dasar dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Sekolah Dasar di Surabaya). ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 52. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5280

Mahastuti, D. (2019). Pengaruh Pelatihan “Aku Anak Pemberani” Untuk Meningkatkan Penanggulangan Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar. Sumber, September, 20–21. http://psychologyforum.umm.ac.id/files/file/Prosiding IPPI 2019/15_ Dewi Mahastuti.pdf

Moningka, C., & Soewastika, A. W. (2022). Psikoedukasi Untuk Masyarakat Melalui Media Sosial Info Bintaro. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 4(1), 20–25. https://doi.org/10.31092/kuat.v4i1.1505

Mustofa, S., Wardani, D. W., Muhartono, Soemarwoto, & Ariza, R. (2020). Pemberdayaan siswa sebagai peer educator dalam rangka upaya pencegahan perilaku merokok siswa sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ruwa Jurai, 5(1), 77–83.

Nuryani, N., & Paramata, Y. (2018). Intervensi Pendidik Sebaya Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Gizi Seimbang pada Remaja di MTsN Model Limboto. Indonesian Journal of Human Nutrition, 5(2), 96–112. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2018.005.02.4

Prawismo, S. A., Marhaeni, A. P., Pramuswari, S., & ... (2023). Pencegahan Pelecehan Seksual pada Anak Usia Sekolah Dasar melalui Media Komik Edukasi SETION. Caruban: Jurnal Ilmiah …, 6(1), 322–331. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/8066

Putra, A. S., & Soetikno, N. (2018). Pengaruh Intervensi Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Achievement Goal Pada Kelompok Siswi Underachiever. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 254. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1514

Rohmah, A. N., Defitri, S. A., Rizkiani, F., Lestari, E. P., Ayu, N., Anggraeni, D., Erhandi, T., Alfi, M., Zamni, S., Banjari, A., Situmorang, L., & Jamal, M. (2023). Pendekatan Komunikasi Partisipatif Dalam Pelatihan Kelana Untuk Membentuk Masyarakat Tangguh Bencana. 5(1), 90–105.

Safitri, S. (2021). Peer Education sebagai Upaya Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1), 87. https://doi.org/10.36565/jak.v3i1.161

Sari, M. P. (2023). Peran Siswa Sebagai Agen Perubahan Di Dalam Mencegah Perundungan (Studi Kasus Di SMPN 17 Semarang). Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 3(2), 129–146. https://doi.org/10.24167/jhpk.v3i2.6474

Winarti, Y., Sunarti, S., & Damaiyanti, M. (2020). Pemberdayaan Remaja Melalui Peer Educators dalam Pencegahan Narkolema (Narkoba Lewat Mata). Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 2(2), 77–89.

Zahirah, U., Nurwati, N., & Krisnani, H. (2019). Dampak Dan Penanganan Kekerasan Seksual Anak Di Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 10. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i1.21793




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v5i2.13328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadya Novia Rahman, Nanik Handayani, Ridha Wahyuni, Dian Dwi Nur Rahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id