Transformasi dalam Organisasi: Membangun Pembicara yang Berani dan Berpengaruh Melalui Pelatihan Public Speaking

Muhammad Ali Adriansyah, Andi Purnawarman, Muhamad Uyun, Dharma Sri Windharti, Hana Giska Febrianur, Muhliansyah Muhliansyah

Abstract


Student organizations are gathering places for individuals with systematic goals. One of the important skills in organizing is public speaking. However, not all members of the organization have this ability. Therefore, public speaking training was conducted to help LDK CESIMA members of Widyagama Mahakam University. This training involves several stages, including pre-activities, training activities, and evaluation. Pre-activity involves goal setting, material preparation, and facilities. Training activities involve lectures, discussions, and practice sessions. Evaluation involves assessing participants' skills and feedback. With this method, the training successfully improves the public speaking skills of members of the organization. The training results showed an increase in members' public speaking skills with an average pre-test score of 71.61 increased to 90.17 on the post-test. A Sig. (2-tailed) value of 0.000 indicates that this increase is significant. Thus, this training is successful in improving the public speaking skills of members of the organization. The implication is that members of the organization can communicate more effectively and confidently in a variety of situations, both in internal meetings and in interacting with external parties. It can also enhance the credibility of the organization and strengthen relationships between members and other stakeholders. In addition, good public speaking skills can also open career and leadership opportunities for members in the future.

Organisasi kemahasiswaan adalah tempat berkumpulnya individu dengan tujuan yang sistematis. Salah satu keterampilan penting dalam berorganisasi adalah public speaking. Namun, tidak semua anggota organisasi memiliki kemampuan ini. Oleh karena itu, pelatihan public speaking dilakukan untuk membantu anggota LDK CESIMA Universitas Widyagama Mahakam. Pelatihan ini melibatkan beberapa tahapan, termasuk pra-kegiatan, kegiatan pelatihan, dan evaluasi. Pra-kegiatan melibatkan penentuan tujuan, penyiapan materi, dan fasilitas. Kegiatan pelatihan melibatkan sesi ceramah, diskusi, dan praktik. Evaluasi melibatkan penilaian keterampilan dan umpan balik peserta. Dengan metode ini, pelatihan berhasil meningkatkan keterampilan public speaking anggota organisasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan public speaking anggota dengan nilai rata-rata pre-test 71.61 meningkat menjadi 90.17 pada post-test. Nilai Sig. (2-tailed) 0.000 menunjukkan bahwa peningkatan ini signifikan. Dengan demikian, pelatihan ini berhasil dalam meningkatkan kemampuan public speaking anggota organisasi. Implikasinya, anggota organisasi dapat berkomunikasi lebih efektif dan percaya diri dalam berbagai situasi, baik dalam pertemuan internal maupun dalam berinteraksi dengan pihak eksternal. Ini juga dapat meningkatkan kredibilitas organisasi dan memperkuat hubungan antara anggota dan pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, keterampilan public speaking yang baik juga dapat membuka peluang karier dan kepemimpinan bagi anggota di masa depan.


Keywords


Public Speaking; Organization; Courageous Speakers

Full Text:

FULL TEXT

References


Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan komitmen organisasi melalui pelatihan manajemen diri. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 81. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3827

Agus, F., Putra, G. M., Kamil, Z. A., Arifin, I., & Gifari, O. I. (2022). Peningkatan kemampuan analisis statistik kuantitatif pada riset eksperimen dengan metode workshop. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 243. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8954

Anggriani, D., Hamima W. N., Azka, K. F. L., & Umara, S. N. (2022). Mengembangkan keterampilan berbicara dan rasa percaya diri melalui public speaking bagi anak panti asuhan wisma karya bakti. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155

Asriandhini, B., Khasidah, M. N., & Kristika, P. N. A. (2020). Pelatihan dasar public speaking untuk mengembangkan keterampilan penyampaian informasi dan kepercayaan diri bagi siswa tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 71. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p71-84

Azidin, Y., Rahmah, A., Zuraida, D., & Maulana, R. (2022). Pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 82–87. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/79

Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861

Cahyaningtyas, T., & Samsiyah, N. (2022). Pelatihan anggota PKK dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui public speaking dan pidato. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 694. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8101

Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya peningkatan kemampuan public speaking pemuda sragi ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581

Muharrir Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas viii SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318

Pertiwi, A. D., Septian, R. N., Ashifa, R., & Prihantini, P. (2021). Peran organisasi kemahasiswaan dalam membangun karakter: urgensi organisasi kemahasiswaan pada generasi digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 107–115. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.202

Prihatiningsih, W., Setiadarma, A., & Maliki, M. (2022). Pelatihan dan implementasi public speaking di kalangan siswa SMA. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 183–192. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2426

Putri, T. A., & Rahayu, D. (2022). Psikoedukasi tentang perilaku delikuen sebagai upaya menurunkan tingkat kenakalan remaja. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 267. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8974

Fitria, R. A. (2022). Pelatihan public speaking untuk menciptakan komunikasi efektif pada siswa SMKN 49 Jakarta Utara. Ikraith-Abdimas, 5(1), 74–78.

Rahmah, D. D. N., Firjatullah, F., Saputro, E., Silvianti, A. D., Zahra, N. N. Y., & Kiftiyah, A. (2023). Efektivitas tabel prioritas dalam meningkatkan manajemen waktu berorganisasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2257. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14829

Rahmah, D. D. N., & Muhliansyah, M. (2020). Pelatihan coaching model grow untuk meningkatkan kinerja anggota organisasi. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 52. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3824

Rasyid, M., Yuliasari, V., Maulida, W., & Aprida, L. (2020). Pelatihan kohesivitas untuk meningkatkan efektivitas kerja tim. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 64. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3825

Razali, G., Andamisari, D., Putranto, A., Ambulani, N., Sanjaya, F., Deryansyah, A. D., Studi, P., Komunikasi, M., Sosial, I., & Manajemen, D. (2023). Pelatihan public speaking dalam meningkatkan komunikasi sosial. Community Development Journal, 4(2), 4765–4773.

Rizky, I. J., & D.Aksa, Y. A. (2020). Pelatihan public speaking. Devosi, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.33558/devosi.v1i1.2491

Sutikno, M. S. (2019). Metode & model-model pembelajaran. Holistica, 1–194.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v5i2.13228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ali Adriansyah, Andi Purnawarman, Muhamad Uyun, Dharma Sri Windharti, Hana Giska Febrianur, Muhliansyah Muhliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id