Model Kirkpatrick Sebagai Metode Mengukur Hasil Pelatihan Responsibility Dalam Berorganisasi

Nanik Handayani, Hani Fadilah Humaira, Jefri Firnando, Jauchar B, Adi Suhendra, Dhea Ananda Malik

Abstract


Masa remaja merupakan fase bagi tiap individu mempelajari banyak mengenai kehidupannya. Tidak jarang beberapa individu mengalami kesalahan dalam belajar dan membuat kenakalan remaja. Lepas dari tanggung jawab menjadi salah satu dari bentuk kenakalan remaja. Lepas dari tanggung jawab menjadi salah satu dari bentuk kenakalan remaja. Pelatihan dilaksanakan dalam upaya meningkatkan tanggung jawab dalam berorganisasi. Tujuan dari pelatihan ini yaitu mendorong siswa MAN 1 Samarinda meningkatkan sikap tanggung jawab dalam organisasi OSIS dan tugas tugas akademik. Metode pelatihan meliputi ice breaking, ceramah, dan diskusi serta dievaluasi menggunakan model 4 level kirkpatrik yang terdiri dari reaksi, kognitif, perilaku, dan hasil. Hasil dari pelatihan ini yaitu yang didapatkan dari pre-test sebesar 2872, kemudian untuk hasil skor keseluruhan dari post-test sebesar 2892. Maka penulis dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dan signifikan di antara hasil belajar yang ditampilkan pada hasil pre-test dan post-test. Implikasi dari pelatihan ini peningkatan produktivitas, perubahan sikap, peningkatan kemampuan, pengurangan individu yang tidak bertanggung jawab dalam organisasi serta implikasi juga dapat memicu penelitian baru yang perlu didalami.

Adolescence is a phase for each individual to learn a lot about life. It is not uncommon for some individuals to experience mistakes in learning and create juvenile delinquency. Escape from responsibility is one of the forms of juvenile delinquency. Disengagement from responsibility is one of the forms of juvenile delinquency. The training was carried out in an effort to increase responsibility in the organisation. The purpose of this training is to encourage MAN 1 Samarinda students to improve their attitude of responsibility in the student council organisation and academic assignments. The training methods included ice breaking, lectures, and discussions and were evaluated using the 4-level kirkpatrik model consisting of reaction, cognitive, behaviour, and results. The results of this training were obtained from the pre-test of 2872, then for the overall score of the post-test of 2892. Then the author can conclude that there is a real and significant difference between the learning outcomes displayed in the pre-test and post-test results. The implication of this training is increased productivity, attitude change, increased ability, reduction of irresponsible individuals in the organisation and implications can also trigger new research that needs to be explored.


Keywords


Teenagers; Organization; Training; Responsibility

Full Text:

FULL TEXT

References


Achmad, G., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.

Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasi Melalui Pelatihan Manajemen Diri. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 81. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3827

Agus, F., Putra, G. M., Kamil, Z. A., Arifin, I., & Gifari, O. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Analisis Statistik Kuantitatif Pada Riset Eksperimen Dengan Metode Workshop. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 243. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8954

Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551

Amaliah, R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, Vol. 10, n(2), h. 121.

Apriyantini, D., & Sjaaf, A. (2023). Evaluasi Pasca Pelatihan Pelayanan Darah Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–18.

Arifah, I., Wijaya, M., & Sholihah, S. (2022). Job Replacement Artifical Intelligence Di Industri Jasa: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 911–929.

Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Action Research, 1(1), 1–8.

Atqia, W., & Jannah, R. (2021). Pembinaan Sikap Tanggung Jawab dan Religius Remaja melalui Organisasi IPNU IPPNU Desa Gumawang Kecamatan Wiradesa. Nusantara, 3(3), 326–339.

Bachtiar, B. (2021). Desain dan Strategi Pelaksanaan Program Pelatihan untuk Capaian Hasil Maksimal. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 127–140.

Banuwa, A., & Susanti, A. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara (JIW), 1(2), 77–85.

Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861

Cahyono, B. (2022). Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (1st ed., Vol. 1). Pascal books.

Diana, R. (2019). Analisa dan Improvement Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix (Omax) di Departemen Produksi Line Injection di PT. Innoware Indonesia. UNUGHA.

Gusetyoningsih, S., & Sri, A. (2021). Desain program pelatihan dalam pengembangan sumber daya manusia.

Hasan, N. (2018). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan. Libria, 10(1), 95–115.

Hendrayady, A., Sari, A., Mustanir, A., Amane, A., Isa, R., Agusman, Y., & Arief, M. (2023). Manajemen Pelayanan Publik (DP Sari, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Hildawati, H., Suhirman, L., Prisuna, B., Husnita, L., Mardikawati, B., Isnaini, S., & Saktisyahputra, S. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik (1st ed., Vol. 1). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Keke, F. F., & Setiawati, D. (2014). Pengembangan Panduan Pelatihan Tanggung Jawab Sosial Melalui Proses Regulasi Diri Pada Siswa Smp Katolik St. Vincentius Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(2), 350–360.

Kirkpatrick, D.L., Kirkpatrick, J. D. (2006). Evaluating Training Programs 3rd ed. Berrett-Koehler Publishers Inc.

Kurniyawan, K., Yanuar, A., & Sulistiyaningsih, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Pelatihan Digital Marketing di Lembaga Pelatihan Ketenagakerjaan PT ABC. Journal Transformation of Mandalika, 4(9), 516–531.

Lestari, W., & Mulianingsih, F. (2020). Analisis pemahaman kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional pada guru ips di kecamatan bawen kabupaten semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), 60–72.

Louhenapessy, W. (2024). Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Masyarakat dan Perangkat Desa Waisala Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pengabdian Arumbai, 2(1), 49–64.

Marselina, R., Nugraha, T., Rahayu, S., Sari, I., & Ardana, H. (2024). Analisis Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Membangun Jaringan Bisnis pada Cv Kylafood Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5502–5511.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Musyawarah, I., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.

Nadirah, S., & Zari, N. (2022). metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo) (1st ed., Vol. 1). CV. Azka Pustaka.

Nuraini, E., Hermawan, A., Hubeis, A. V., & Panjaitan, N. K. (2016). Kajian Evaluasi Pelatihan Program Pengembangan Manajemen. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2). https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.07

Oktawati. (2017). Kenakalan Remaja Di Desa Sungai Paku (Studi Kasus Smp 4 Kampar Kiri Kabupaten Kampar). Media Neliti.

Putri, S., & Brata, D. (2021). Pengembangan karakter tanggungjawab remaja di desa. 3rd Corcys.

Rahmad, W., & Kibtiyah, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius, Disiplin dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an di SD Islam Roushon Fikr Jombang. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 31–52.

Rahmah, D. D. N., & Muhliansyah, M. (2020). Pelatihan Coaching Model Grow untuk Meningkatkan Kinerja Anggota Organisasi. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 52. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3824

Rasyid, M., Yuliasari, V., Maulida, W., & Aprida, L. (2020). Pelatihan Kohesivitas untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja Tim. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 64. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3825

Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. (2019). Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi Program Diklat Di Balai Besar Pelatihan Pertanian (Bbpp) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p12-21

Rochmania, D., Pramono, K., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491.

Salsabila, D., & Fadli, U. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pada PT Pupuk Kujang Cikampek. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1281–1294.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif (1st ed., Vol. 1). Indigo Media.

Septiyaningrum, I. N., & Listyaningsih. (2020). STRATEGI PEMBINA OSIS DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PENGURUS OSIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MOJOKERTO Iis Nur Septiyaningrum Listyaningsih. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08(03), 1117–1131.

Setiyawati, Y., Hariyati, R., & Anisah, S. (2022). Optimalisasi pemberian edukasi pada pasien dan keluarga melalui terbentuknya tim perawat edukator di rumah sakit: a pilot study. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 297–310.

Sofia, L., Shalzabila Indah, M., Sabila, A., Ayu, S., & Mulyanto, D. (2020). JURNAL PLAKAT Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat PELATIHAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK KOMUNIKASI EFEKTIF. 2(1), 72–80.

Widoyoko, E. (2017). Evaluasi Program Pelatihan.

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Puspa, Y., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SD. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98.

Zainuddin, M., Syamsuadi, A., & Yahya, M. R. (2018). PENINGKATAN EKSISTENSI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) SE KOTA PEKANBARU MELALUI KONSEP MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 89–98.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference, 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v6i1.13218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nanik Handayani dkk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id