Sosialisasi Dampak Game Online Bagi Anak Usia Sekolah Dasar

Martinus Robert Hutauruk

Abstract


Game online adalah merupakan produk atau hasil dari perkembangan teknologi dan informasi yang sangat signifikan dewasa ini. Situasi ini berdampak terhadap berbagai lapisan masyarakat dan hingga ke seluruh wilayah terpencil tidak terkecuali. Sehingga memerlukan perhatian yang serius dan kebijakan bagi para orang tua sehubungan dengan keberadaan anak-anak di usia sekolah dasar. Kecanduan game online juga dewasa ini menjadi fenomena yang berkembang dengan pesat dan menjadi hal yang biasa. Dampak kemajuan teknologi ini perlu diantisipasi khususnya bagi anak-anak di usia sekolah dasar, khususnya pada Sekolah Dasar Negeri 001 Tenggarong Seberang. Suatu wilayah desa yang berada di tepian sangat Mahakam dan cukup terpencil namun tidak lepas dari jangkauan internet dan perangkat smartphone modern. Ada berbagai dampak, yaitu mulai dari hal yang positif dan hingga yang negatif terhadap perilaku dan kesehatan yang disebabkan dari adanya game online bagi anak usia sekolah dasar ini. Upaya sosialisasi dilakukan dengan cara mengumpulkan anak-anak Sekolah Dasar pada jenjang kelas 4, 5 dan 6 dalam satu tempat dengan metode interaktif. Selain itu disampaikan pula adanya beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak negatif game online, dengan cara meningkatkan bakat kemampuan dalam bidang musik, seni, olah raga dan lainnya sebagai pengisi waktu luang. Selain itu kegiatan outdor rekreasi dan wisata alam dan rohani juga cukup menjanjikan dalam mengatasi situasi ini. 

 

Online games are a product or result of the very significant development of technology and information today. This situation impacts various levels of society, and all remote areas are no exception. So, it requires serious attention and policies for parents regarding the presence of children at elementary school age. Online game addiction has also recently become an overgrowing phenomenon and has become commonplace. The impact of technological advances needs to be anticipated, especially for children of elementary school age, especially at State Elementary School 001 Tenggarong Seberang. A village area that is on the banks of the Mahakam River and is quite remote but cannot be separated from the reach of the internet and modern smartphone devices. There are various impacts, ranging from positive to negative, on behavior and health caused by online games for elementary school-age children. Socialization efforts gather elementary school children in grades 4, 5, and 6 in one place using interactive methods. Apart from that, it was also conveyed that several things can be done to reduce the negative impact of online games by increasing talent in music, art, sports, and others to fill free time. Apart from that, outdoor recreation activities and natural and spiritual tourism are promising in overcoming this situation.


Keywords


Online game; impact of online gaming; socialization; elementary school age children; parental supervision

Full Text:

FULL TEXT

References


Achmad, Z. A., Tranggono, D., Winarno, S. T., Andarini, S., & Mas’udah, K. W. (2022). Variety of Flavors, Appropriate Technology, and Online Marketing for Developing Milkfish Cracker Small Business. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.7368

Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2). https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.108

Dekas, R. (2022). Pengaruh Peningkatan Pemasangan Wi-Fi Di Kota Prabumulih:(Studi Kasus Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Neraca Peradaban.

Elindawati, R. (2020). Dampak Game Online Bagi Pendidikan Anak. Al-Wardah, 13(2). https://doi.org/10.46339/al-wardah.v13i2.217

Fahrianoor, F., & Hidayat, M. N. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Kepada Pokdarwis Panyuluhan Indah di Desa Paau Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.30872/plakat.v4i2.8714

Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4483

Haq, A. L. A. H., Wulandari, R., Yanti, M. M., Sodiq, F., & Pawestri, A. A. M. (2022). Psikoedukasi untuk Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Online Anak TK di Masa Pandemi. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.6367

Hasrianto, N., Susanti, N., Khasanah, U., Harnani, Y., & Pekanbaru, Stik. A. I. (2020). The Use of Smartphone at SDN 014 Sungai Putih Tapung, Kampar District Penggunaan Smartphone pada Siswa Sdn 014 Sungai. JURNAL KESEHATAN KOMUNITAS (JOURNAL OF COMMUNITY HEALTH), 6(September).

Hutauruk, M. R., & Indarahmadani, A. (2021). Upaya Bersama Masyarakat Dalam Memperkokoh Mindset Pencegahan Penularan COVID-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2). https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6090

Irmawati, & Suhaeb Firdaus W. (2021). Dampak bermain game online pada hasil belajar siswa di SMAN 12 Makassar. Sosialisasi Pendidikan Sosiologi.

Masyani, E. P., & Nusuary, F. M. (2021). Dampak Kecanduan Game Terhadap Perilaku Sosial. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP, 6(2).

Matiin, N. (2021). Pelatihan Tata Kelola Keuangan Bagi UMKM untuk Meningkatkan Kinerja di Masa Pademi Pada Kedai Canai Incos Putri. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2). https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6643

Nasution, T., Ariani, E., & Emayanti, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Journal Of Science And Social Research, 5(3). https://doi.org/10.54314/jssr.v5i3.993

Pebrianti, Y. (2021). Dampak Bermain Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak Sdn - 1 Bahaur. Dampak Bermain Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak.

Rahayuningrum, D. C., Yanti, E., & Mardiko, I. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Dampak Game Online. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(3). https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i3.3761

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430

Supriyanti, W., & Maryam, M. (2021). Pelatihan Aplikasi Parental Control Guna Membangun Kebiasaan Penggunaan Gadget Yang Sehat Pada Anak. Abdi Teknoyasa. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v2i2.328

Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1). https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048

Tendy, T. (2021). Mendorong Kreatifitas Mahasiswa Melalui Pengenalan dan Pelatihan Bisnis Online Bersama Shopee. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1). https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5417

Teni, & Agus Yudiyanto. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.73

Tirtayanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembanga Psikososial Pada Anak Sekolah Dasar. Masker Medika, 9(2). https://doi.org/10.52523/maskermedika.v9i2.463

https://www.orami.co.id/magazine/dampak-game-online, diakses 2023

https://babel.kemenag.go.id/id/opini/591/Dampak-Positif-dan-Negatif-Penggunaan-Gadged-Bagi-Penggunanya (diakses, 2023)

https://www.brilio.net/gadget/9-aplikasi-parenting-untuk-pantau-buah-hati-yang-sering-bermain-gadget-2112141.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v5i2.12788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Martinus Robert Hutauruk

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id