Sosialisasi Strategi UMKM untuk Menghadapi Pasar Global yang Serba Modern dan Mempersiapkan Diri Menyambut IKN

Andi Mursalim, Anwar Arifin, Sukiman Sukiman, Husnul Laeli, Andi Angga Putra Nara Pratama

Abstract


The purpose of this socialization is aimed at knowing superior products that can enter the modern market and identifying the potential of products in Martadinata Village. Helping MSME players be able to make strategies to face the modern global market, namely providing knowledge and preparing to welcome the capital of the archipelago. MSMEs are considered to be one of the strongest business sectors in facing the global crisis. However, it does not rule out the possibility that MSMEs are unable to face this situation considering the global market is not an easy thing. Therefore, it is very important for MSMEs to build the right strategy in developing their business in order to be able to compete in facing the global market. MSMEs are managed by the community with funds from the government through investment programs provided by the government. This effort has a positive influence on the development of an area.

Tujuan Sosialisasi ini ditujukan untuk mengetahui produk unggulan yang bisa memasuki pasar modern dan mengidentifikasi potensi produk yang ada di desa Martadinata. Membantu pelaku UMKM mampu membuat strategi menghadapi pasar global yang serba modern yakni memberi pengetahuan  dan menyiapkan diri menyambut Ibu Kota Nusantara. UMKM dinilai menjadi salah satu sektor usaha terkuat dalam menghadapi krisis global. Meski demikian, tak menutup kemungkinan bahwa UMKM tidak mampu menghadapi situasi tersebut mengingat pasar global bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, sangat penting bagi UMKM untuk membangun strategi yang tepat dalam mengembangkan usahanya agar mampu bersaing dalam menghadapi pasar global. UMKM yang di kelola masyarakat dengan dana dari pemerintah melalui program penanaman modal yang di berikan oleh pemerintah. Usaha ini memiliki pengaruh positif terhadap pembangunan suatu daerah.


Keywords


MSMEs; Global Market; Modern; IKN

Full Text:

FULL TEXT

References


Databoks. (2021). Pertumbuhan Pasar Kosmetik Global Terkontraksi 8% pada 2020. Monavia Ayu Rizaty, April.

Daulay, R. (2011). FAKTOR - FAKTOR YANG MENENTUKAN EKSPANSI PERUSAHAAN KE PASAR GLOBAL. Jurnal Manajemen & Bisnis, 11.

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1).

Harini, C., & Yulianeu, Y. (2018). Strategi penetrasi pasar UMKM Kota Semarang menghadapi era pasar global MEA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2). https://doi.org/10.24914/jeb.v21i2.1967

Hasibuan, A. Z. S., & Aslami, N. (2022). Strategi Pemasaran Global di Pasar Indonesia. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.851

Khaldun, R. I. (2017). Strategi Kebijakan Peningkatan Daya Saing Rumput Laut Indonesia di Pasar Global. JURNAL SOSIAL POLITIK, 3(1). https://doi.org/10.22219/sospol.v3i1.4403

Kosasi, S. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Sepatu Online Dalam Menumbuhkan Pasar Global. Techno.Com, 16(3). https://doi.org/10.33633/tc.v16i3.1424

Kusjuniati, K. (2022). UMKM Indonesia Menuju Industri Halal Dan Go Digital Dalam Memasuki Pasar Global. Widya Balina, 7(2). https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.152

Moersid, A. F. (2013). Re-Invensi Batik dan Identitas Indonesia dalam Arena Pasar Global. Jurnal Ilmiah Widya, 1(2).

Mohammad Fabilla Arvisha, & Endri Listiani. (2022). Pemanfaatan Instagram Dalam Pemasaran Pasar Global. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.867

Pengabdian Kepada Masyarakat Volume, J., Masriah, I., Transiseno, G., Amar Faras, F., Sumarna, E., & Rosdiana Sari, I. (2021). PERAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM DI PASAR MODERN INTERMODA BSD PADA MASA PANDEMI COVID 19. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Polia, L. A., & Seftarita, C. (2017). Analisa Pengaruh Pasar Keuangan Global Terhadap Pasar Keuangan di Indonesia. JIM Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, 2(4).

Purboningrum, E. L., & Supriono. (2018). Analisis Strategi Ekspansi dalam Pengembangan Bisnis di Pasar Global. Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1).

Puspita, N. F., Hamzah, A., Zuchrillah, D. R., & Karisma, A. D. (2021). Pendampingan Menuju Sertifikasi Halal pada Produk “Socolat” UMKM Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1). https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1611

Qoniah, R. (2022). Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global. Halal Research Journal, 2(1). https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246

R, F., Tamsyah, I., & Manggarsari, Y. (2021). Intervensi Pemerintah Indonesia dalam Penetrasi Musik Lokal Ke Pasar Global Melalui Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2525

Rachmawati, M., Lisdayanti, A., Dalimunthe, G. P., Bestari, D. K. P., Munawar, F., & Ridwansyah, I. (2021). MENCIPTAKAN UMKM UNGGUL DAN TERSTANDARRISASI DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8800

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Rosiana, N., Feryanto, F., & Sinaga, V. R. (2019). POSISI DAYA SAING DAN TINGKAT PERSAINGAN MINYAK ATSIRI INDONESIA DI PASAR GLOBAL. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 2(1). https://doi.org/10.24198/agricore.v2i1.15044

Salsa Nabila, P., & Fadhilah, I. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PASAR GLOBAL. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(1).

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Siregar, W. S., Lubis, S. S., & Pasaribu, H. M. H. (2021). Strategi Pemasaran Ekspor dalam Memasuki Pasar Global. Jurnal Ekonomi Manajemen, 15(2).

Sugiyarti, S. R., & Wijayati, H. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pengrajin Gitar di Desa Mancasan, Baki, Kabupaten Sukoharjo Menuju Pasar Global. RESEARCH FAIR UNISRI, 4(1). https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3418

Sukmawati, A. D., & Fathoni Kurniawan, A. (2020). Strategi dan Kebijakan Promosi Batik di Pasar Global. Transformasi Global, 7(2). https://doi.org/10.21776/ub.jtg.2020.007.02.3

Sunardi, N., Lesmana, R., Rudi, Kartono, & Hasbiyah, Wiwik. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(1).

Supardal, S., Utami, S., & Winarti, S. E. (2014). Manajemen ukm berbasis jejaring produk sejenis dalam rangka menghadapi pasar global. Jurnal Siasat Bisnis, 17(2). https://doi.org/10.20885/jsb.vol17.iss2.art9

Suprehatin, S., & Al Naufal, H. (2021). DAYA SAING PRODUK KELAPA INDONESIA DAN EKSPORTIR KELAPA UTAMA LAINNYA DI PASAR GLOBAL. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 21(1). https://doi.org/10.25181/jppt.v21i1.2073

Utomo, Y. T., & Shaleh, Z. (2017). Strategi Memasuki Pasar Global Studi Kasus Yanto Pottery Kasongan Bantul. Az Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 9(1).

Wardhana, A. (2022). Strategi Memasuki Pasar Global. Konsep Dan Implementasi Manajemen Strategi, September.

Windusancono, B. A. (2021). UPAYA PERCEPATAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 18(2). https://doi.org/10.56444/mia.v18i2.2528

Zuhdi, F., & Rambe, K. R. (2021). DAYA SAING EKSPOR CENGKEH INDONESIA DI PASAR GLOBAL. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(2). https://doi.org/10.20961/sepa.v17i2.43784




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v5i1.12429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Mursalim, Anwar Arifin, Sukiman Sukiman, Husnul Laeli, Andi Angga Putra Nara Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id