Faktor-Faktor Prediktor Keputusan Pembelian: Studi Pada Konsumen Percetakan Mbak-An Samarinda

Farid Kharisudin Al barkah

Abstract


Dampak dari Covid-19 dan persaingan usaha yang semakin meningkat pada tahun 2020 pendapatan di Percetakan Mbak-An mengalami penurunan yang sangat drastis yaitu 79.5%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden, alat untuk mengukur data menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan software statistic SPSS versi 25. Hasil uji t (parsial) menunjukkan setiap variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Hasil uji f (simultan) menunjukkan Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Percetakan Mbak-An.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Persepsi Harga; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Andriani, W., Abdurrahman, & Sari, P. R. K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kabupaten Sumbawa Besar). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2), 15–26. https://doi.org/10.30812/target.v1i1.587

Arianto, B. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Dunia. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(2), 106–126. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.665

Asadi, A., Khazaei Pool, J., & Reza Jalilvand, M. (2014). The effect of perceived price fairness through satisfaction and loyalty on international tourists’ price acceptance of Islamic-Iranian art products. Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern Issues, 7(4), 201–215.

Demir, A., Maroof, L., Sabbah Khan, N. U., & Ali, B. J. (2021). The role of E-service quality in shaping online meeting platforms: a case study from higher education sector. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(5), 1436–1463.

Dewi, N. N., & Wibowo, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket. Ecopreneur.12, 4(1), 30. https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.919

Endriani, D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 10(4), 213–220. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i21.114

Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Produk Maybelline Di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), 131–142.

Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548

Mardiasih, T. S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.546

Moslehpour, M., Wong, W.-K., Lin, Y. H., & Le Huyen Nguyen, T. (2018). Top purchase intention priorities of Vietnamese low cost carrier passengers: expectations and satisfaction. Eurasian Business Review, 8, 371–389.

Mulyani, S. R., Ridwan, M., & Ali, H. (2020). Model of human services and resources: The improvement efforts of Silungkang restaurant attractiveness on consumers. Talent Development & Excellence, 12(1).

Nurpratama, M., & Yudianto, A. (2021). Strategi Inovasi dan Rencana Implementasi Untuk Mendorong SDM Unggul di Masa Pandemi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(01), 50–69.

Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat Di Kota Semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361–374.

Renaldi, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Erstor3prt di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(2), 181–190.

Reza, M., & Khasanah, I. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kawasaki Ninja 250. Indicators : Journal of Economic and Business, 3(2), 143–150. https://doi.org/10.47729/indicators.v3i2.102

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality Satisfaction. CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i1.9804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.