Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Kedai Kopi Siliwangi Juanda 8 Samarinda

Akbar Adil Hakim

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis SWOT yang dilakukan Kedai Kopi Siliwangi dalam melakukan bauran pemasaran dan mengetahui implementasi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan tergolong sebagai penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam implementasi SWOT di Kedai Kopi Siliwangi Samarinda dalam kekuatan terdapat kualitas produk yang dihasilkan, harga terjangkau, promosi penjualan langsung, dan lokasi yang strategis. Dalam kelemahan terdapat kurangnya konsentrasi kerja pegawai, keuntungan yang kecil, tidak ada tempat pembuangan air, dan jangkauan promosi yang tidak luas. Dalam peluang terdapat luasnya pangsa pasar, memperluas tempat usaha, dan kebutuhan masyarakat yang berkembang. Dalam ancaman terdapat munculnya pesaing baru dan kondisi jalan. Kemudian di dalam implementasi strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan, Kedai Kopi Siliwangi menjalankan strategi porduk dengan menemukan supplier yang murah, strategi harga dengan membuat harga yang terjangkau, strategi tempat dengan menemukan lokasi yang strategis, dan strategi promosi dengan metode promosi word of mouth.


Keywords


SWOT; Bauran Pemasaran; Volume Penjualan

Full Text:

PDF

References


Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96.

Hasibuan, Z., Manumono, D., & Ambarsari, A. (2019). Usaha Tani Kopi Robusta (Studi Kasus di Desa Madigondo, Kecamatan Samigaluh). Jurnal Masepi, 1(1).

Komalig, A. L. (2013). Manajemen Hubungan Pelanggan dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Debitor Pada PT. Bank Sulut Cabang Calaca Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kurnain, R. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Fruts Cafe Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1279–1285.

Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63–84.

Nugraha, A. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Pembelian Mobil Bekas Di Perkasa Mobil. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(4), 273–278.

Rahmawati, A., & Huda, A. (2018). Senam Pagi untuk Membangun Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 4(1), 26–32.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84.

Veronica, M. T., & Ilmi, I. M. B. (2020). Minuman kekinian di kalangan mahasiswa Depok dan Jakarta. Indonesian Journal of Health Development, 2(2), 83–91.

Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi dan Sistem dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Jurusan Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i1.9565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.