Pengaruh Harga dan Kemudahan Transaksi terhadap Keputusan Pembelian Produk Virtual pada Game Online Mobile Legends di Samarinda

Sidiq Akbar Ramadhani

Abstract


Mobile Legends merupakan salah satu game online yang memiliki produk virtual diamond, skin hero dan produk virtual lainnya yang merupakan produk real yang dapat dirasakan manfaatnya dan dapat diterima secara logika, sehingga pemain Mobile Legends harus membayar dengan uang atau biasa disebut top up, dengan aktivitas pembelian produk. Virtual Mobile legends memberikan harga yang bervariasi dan kemudahan untuk pembelian yang mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Signifikan Harga (X1) dan Kemudahan Bertransaksi (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk virtual pada game online Mobile Legends. Subyek penelitian ini adalah masyarakat di Samarinda dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria diatas 17 tahun dan pernah membeli produk virtual. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel harga dan kenyamanan bertransaksi terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel harga dan kemudahan transaksi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian dapat dipastikan harga sangat mempengaruhi keputusan pembelian produk virtual pada game online Mobile Legends di Samarinda, sehingga diharapkan developer dapat mengadakan event diskon dengan waktu dan prosedur transaksi yang cukup mulai dari tampilan dan transaksi. tahap hingga selesai.


Keywords


Harga; Kemudahan Bertransaksi; Keputusan Pembelian; Produk Virtual

Full Text:

PDF

References


Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online ( Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com ). 22(1), 1–8.

Fandy, T., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction (Forth). ANDI.

Karunia, H., & Lunardy, D. (2016). Pengaruh Persepsi Nilai Pada Intensi Pembelian Produk Virtual Yang Dimediasi Oleh kepuasan. VI(2), 261–279.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing (7th ed.). Salemba Empat.

Nasution, H. F. (2018). Pembelian Produk Pakaian Secara Online ( Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan ). Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4, 26–39.

Sari, M. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan, Ulasan Produk dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Lazada Pada Masyarakat Kota Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.com. 5(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Wijman, T. (2019). The Global Games Market will generate $15.2.1 Billion in 2019 as the U.S. Overtakes China as the Biggest Market. Newzoo.

Yuliawan, E., Siagian, H., Willis, L., Manajemen, P. S., & Mikroskil, S. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). 12(2), 34–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i2.8259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.