Pengaruh Viral Marketing, Brand Experience, dan Brand Image terhadap Niat Pembelian Ulang (Survei Pada Konsumen Skincare Scarlett Whitening Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Okta Viana Kristyani, Naning Kristyana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa pengaruh Viral Marketing, Brand Experience, dan Brand Image secara parsial dan simultan terhadap Niat Beli Ulang konsumen Scarlett Whitening Skincare di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu snowball sampling, 96 sampel, sumber data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari kuesioner yang disebarkan diperoleh hasil determinasi sebesar 49,8%, sehingga niat beli ulang dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut sebesar 49,8%. Hasil penelitian menunjukkan viral marketing (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang (Y), tetapi brand experince (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, dan brand image (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian ulang. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan viral marketing (X1), brand exprinece (X2), dan brand image terhadap niat pembelian ulang (Y).

Keywords


Viral Marketing; Brand Experinece; Brand Image; Niat Pembelian Ulang

Full Text:

PDF

References


Ekaputr, A. H., Rahayu, A., & Wibowo, Li. A. (2018). Pengaruh Brand Experience terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya pada Repurchase Intention (Survei pada Pelanggan Klinik Skin Care di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1. https://doi.org/10.17509/jimb.v7i1.12767

Fatimah, A., Sunarya, E., & Mulya, F. (2020). Fenomena Viral Marketing Terhadap Pembelian Ulang. Journal of Business, Management and Accounting Volume, 2(1), 89–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/budgeting.v2i1.785

Hakim, N., Suwandari, L., & Nawarini, A. T. (2020). The Influence of Quality Perception, Price Fairness, Brand Experience, and Accessibility to Repurchase Interest (Study on Consumer Chatime in Purwokerto). Jurnal Akuntansi Manajemen Dan Ekonomi, 22(1), 28–38.

Kakisna, M., & Yenny, L. (2021). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Makanan, Dan , Kualitas Layanan Terhadap Niat Pembelian Kembali Pada Pelanggan KFC Cabang Kakialy Di Ambon. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, III(4), 1118–1126.

Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63–84. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i1.5.63-84

Miranda, R., & Nurdasila. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Jasa Transportasi P.O Simpati Star Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(2), 310–321.

Misnanto, R., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan

Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Perempuan Di Surakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 4(2), 78–88.

Monica, N., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2691–2700. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23720

Nurcaya, I. A. H. (2021). Mempercantik Paras Bisnis Kosmetik Lewat Penjualan Online.

Oceani, S. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan Tupperware di Magelang. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–13.

Rahmanda, F., & Farida, N. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada J.CO Donuts & Coffe Paragon Mall Dan Java Supermall Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, X(I), 866–878.

Soedionon, W., Prasastyo, Kl., & Adeline, M. (2020). Affect Dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention Pada. 12(1), 57–66.

Wahyuni, W. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Angkatan 2015-2016). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(3), 265. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i3.3989

Wang, Y., & Tsai, C. (2014). The Relationship between Brand Image and Purchase Intention: Evidence from Award Winning Mutual Funds. The Relationship between Brand Image and Purchase Intention: Evidence from Award Winning Mutual Funds, 8(2), 27–40.

Yayuk, Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediator.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i2.8166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.