Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan

Marisa Marisa

Abstract


Bauran Pemasaran penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa. Hotel Sejati di Balikpapan merupakan salah satu industri perhotelan yang sangat bergantung pada penjualan kamar hotel untuk dapat meningkatkan pelayanan selain untuk mencari keuntungan. Namun bauran pemasaran jasa di Hotel Sejati Balikpapan masih belum optimal karena tingkat kepuasan pelanggan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang akan menginap dan pernah menggunakan jasa Hotel Sejati di Balikpapan. Oleh karena itu, diambil sampel untuk penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan non probability sampling. Jenis non probability yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan Bukti Fisik (X7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) membuktikan hipotesis berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen diterima bersama (H0 ditolak dan Ha diterima). Hasil pengujian dengan uji t diketahui bahwa variabel person merupakan variabel yang paling signifikan dan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Hotel Sejati di Balikpapan.

Keywords


Bauran Pemasaran; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur (2017). Statistik Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur pada Juni 2017. Samarinda: Berita Resmi Statistik Kalimantan Timur, No. 76/09/64/Th.XX. diakses pada 4 September 2017.

Indonesia, U.-U. R. (Nomor 10 Tahun 2009). Tentang Kepariwisataan.

Kurniawati, D. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap Konsumen pada Hotel Syariah Arini Surakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, A. K., & Sugiyanto, V. (2014). Faktor Bauran Pemasaran yang Berkontribusi Bagi Konsumen dalam Memilih Budget Hotel di Indonesia. Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Timur, B. P. (2017). Statistik Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur pada Juni 2017. Berita Resmi Statistik Kalimantan Timur, No. 76/09/64/Th.XX.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2005). Service, Quality dan Satisfaction. Boyolali: CV. Andi.

Veva, D. G. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Resty Menara Pekanbaru. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau.

Widiyanto, I. (2008). Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip.

Yoeti, O. A. (2007). Hotel Marketing. Jakarta: PT. Perca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.