Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Erstor3prt di Kota Samarinda

Muhammad Andri Renaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Erstor3prt Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling, yaitu Incidental Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Data penelitian diperoleh dari penyebaran angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan bantuan software yaitu SPSS versi 26. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perhitungan uji-t (Partial), kualitas produk, harga, dan variabel lokasi secara parsial memiliki berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Erstor3prt Store. Pada uji-F variabel kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Toko Erstor3prt. Saran untuk Toko Erstor3prt adalah mencari supplier lain yang memiliki kualitas produk lebih baik, memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu, dan memperluas lahan parkir yang ada.


Keywords


Kualitas Produk; Harga; Promosi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


ADE SITORUS, S. (2020). Pengaruh Harga, Rasa, Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Putri Dikota Medan. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 131–142. https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i2.477

Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i1.3248

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Gunawan, A. (2016). Pengaruh Tempat Usaha terhadap Keuntungan yang Diperoleh dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Hidayat, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Onine Shop Shopee. Universitas Islam Malang.

Masrufah, E. (2018). Analisis Kualitas Produk dalam Menjaga Kepercayaan Konsumen Indah Bordir Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Maulidina, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Pondok Mataram di Kota Tebing Tinggi. Universitas Sumetra Utara.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan, dan Karakteristik Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1.

Pradipta, K. (2021). Pengaruh Promosi penjualan, Harga, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia. Universitas Sanata Dharma.

Wulandari, R. (2020). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Keputusan Pembelian Di Pusat Perbelanjaan. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1). https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.553




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i2.8099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.