Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Nasabah dalam memilih Jasa Keuangan pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong

Muhammad Nur Fajri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Citra Merek (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) baik secara simultan maupun parsial terhadap Keputusan Nasabah (Y) pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong. Untuk mengetahui variabel manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Nasabah dalam memilih jasa gadai pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggadaikan PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong dengan sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan penyebaran angket. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel Citra Merek (X1) dan Kualitas Layanan (X2) baik secara simultan maupun parsial berpengaruh positif terhadap Keputusan Nasabah (Y) dalam memilih jasa keuangan pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong, Citra Merek (X1) merupakan variabel yang paling kuat pengaruhnya terhadap Keputusan Nasabah (Y) dalam memilih jasa keuangan pada PT. Gadai Syariah Cabang Tengggarong. Koefisien determinasi (R Square) memiliki nilai sebesar 51,8%.

Keywords


Citra Merek; Kualitas Layanan; Keputusan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Bank, M., & Perspektif, D. (2021). Jurnal Pendidikan NUsantara : Kajian Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora. 2, 1–11.

Bank, N. (n.d.). PADA PEGADAIAN SYARIAH.

Diah, P., Perdamaian, J., Puspita, A., & Frida, N. (2020). Analisis Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia. 2(3), 129–139.

Fikriah, N. L., & Maksum, I. (2022). Journal of Economics and Business Aseanomics Pemediasian Sikap Positif terhadap Minat Menggunakan Jasa. 7(1), 92–109.

Ilmiah, J., Islam, E., Romdhoni, A. H., & Ratnasari, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan , Kualitas Pelayanan , Produk , dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. 4(02), 136–147.

Istiana, L. F., & Haryanto, R. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Tabarok Pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. 1(1), 30–48.

Martinelli, I. (n.d.). Menilik Financial Technology dalam Bidang Perbankan. 2(2021), 32–43.

Rachmawati, A., Widana, G. O., Pascasarjana, P., & Syariah, K. (2019). PENGARUH CONSUMER KNOWLEDGE , BRAND IMAGE , RELIGIUSITAS , DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI. 8(2), 111–123.

Souisa, W. (2020). Jurnal Economix Volume 8 Nomor 1 Juni 2020. 8, 25–34.

Syariah, J. E. (2020). MENINGKATNYA ANGKA PENGANGGURAN DITENGAH PANDEMI ( COVID-19 ) Fahri ; Abd . Jalil ; Sri Kasnelly Email : fahrismith7@gmail.com Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal ABSRACT. 2(Desember 2019), 45–60.

Tantangan, P. C.-, Dan, E., Bengkulu, I., & Indonesia, C.-. (2020). Yenti Sumarni. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i3.7473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.