Strategic Business Network sebagai Penggerak Growth of Creative Enterprise: Studi Kasus Vlaflowers Malang

Albertin Echa Novikasari, Albertin Echa Novikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan kontribusi jaringan bisnis dalam pengembangan bisnis Vlaflowers Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan pemilik, karyawan, vendor, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vlaflowers menerapkan model Jaringan Fleksibel, yang berfokus pada dua fungsi utama. Pertama, jaringan pemasaran yang berbasis kepercayaan relasional, didorong oleh promosi word of mouth (WOM) dari konsumen loyal dan kolaborasi promosi dengan vendor. Kedua, jaringan produksi/operasi yang terbagi menjadi dua sistem, sistem subkontrak untuk layanan tertentu dan sistem pemasok untuk bahan baku produk, yang memastikan fleksibilitas dan efisiensi operasional. Sinergi antara kedua jaringan ini memungkinkan Vlaflowers untuk memperluas pasar dan beradaptasi secara efektif terhadap permintaan konsumen, yang pada akhirnya mendorong pengembangan usaha yang berkelanjutan.

Kata Kunci: jaringan bisnis; pengembangan usaha; hampers


Full Text:

PDF

References


Andarini, S., Kusumasari, I. R., Bisnis, A., Pembangunan, U., Veteran, N., & Timur, J. (2024). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. 4(9).

Bharata, W. (2016). Peran Layanan Jasa Search Engine Optimization untuk Meningkatkan Daya Saing pada Bisnis Startup (Studi pada Kaldera Trail and Jeep Adventure Malang). Al Tijarah, 2(2), 169-189.

Fourqoniah, F., Prakasa, Y., & Bharata, W. (2024, May). Understanding Intellectual Capital in MSMEs Knowledge Management: Bibliometric Analysis and Systematic Literature Review. In GMPI Conference Series (Vol. 3, pp. 25-33).

Hamasy, A. I. Al. (2024). Ketika “Hampers” Lebaran Jadi Ajang Adu Gengsi. Www.Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/english/2024/04/01/en-saat-hampers-lebaran-menjadi-ajang-adu-gengsi?open_from=Search_Result_Page

Harmadji, D. E., Sidjabat, S., Effendi, N. I., Mardianto, D., Pratama, Y., Harahab, D. F., Utami, R. D., Guntarayana, I., Tarigan, B. A., Meigawati, I., Kusumajaya, R. A., Andi, T., & Putra, E. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa (KONSEP DASAR).

Hooley, G., Nicolaud, B., John M., R., & Lee, N. (2020). Marketing, Strategy, and Competitive Analysis. In TLFeBOOK.

Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, X1(2), 103–116.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (seventeent). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Nabila, B., & Suharsono, N. (2023). Pengaruh jaringan bisnis dan karakteristik wirausahawan terhadap keberhasilan usaha dengan minat usaha sebagai variabel intervening. In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 7, Issue 4, pp. 944–958). https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i4.25395

Nurrohman, R. (2025). Optimizing Search Engine Optimization (SEO) and User Experience (UX) on Local Online Business Training Websites: A Comparative Study of Young Entrepreneur Community Platforms. Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 10(1), 87-100.

Puspita, D., Andrean, A., Fourqoniah, F., Aransyah, M. F., & Bharata, W. (2024). Pelatihan Membatik Teknik Shibori Sebagai Pondasi Utama Dalam Membangun Bisnis Kreatif Di Desa Kersik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Polmanbabel, 4(01), 96-103.

Siswanto, D. (2025). Tradisi Memberi Hampers Lebaran Diproyeksi Dorong Perputaran Ekonomi Rp 26,7 Triliun. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/tradisi-memberi-hampers-lebaran-diproyeksi-dorong-perputaran-ekonomi-rp-267-triliun

Syabani Sabrawera, B., & Farid Hirji Badruzzaman. (2024). Peran Jaringan Bisnis dalam Upaya Pengembangan Usaha (Studi Kasus pada Moriska Baby). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(4), 2413–2423. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2621

Utami, T., Purnomo, B., Estiana, R., Padilah, H., Harto, B., Judijanto, L., ... & Nurrohman, R. (2024). UMKM DIGITAL: Teori dan Implementasi UMKM pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yula, A. M., & Nurrohman, R. (2025). ORKESTRASI DIGITAL MARKETING MELALUI SOCIAL MEDIA DI ERA DIGITAL TRANSFORMATION: SEBUAH UPAYA BERKELANJUTAN OLEH NF AKADEMI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(7), 2989-2999.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v13i2.21667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.