Penerapan Digital Marketing dalam Penguatan UMKM Berkelanjutan melalui Peran Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Cianjur

Ranti Lisna Wati, Fauzan Zikri, Zuber Zuber

Abstract


Pemasaran dengan metode digital atau yang disebut dengan digital marketing merupakan suatu alternatif pemasaran yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha di era ini. UMKM di Kabupaten Cianjur menjadi salah satu pelaku usaha yang menerapkan metode digital marketing dalam memasarkan produknya. Dalam hal ini, Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disingkat menjadi PLUT-KUMKM memiliki peran penting dalam proses penerapan digital marketing bagi UMKM di Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran PLUT dalam menerapkan digital marketing bagi UMKM yang dibina oleh PLUT Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa PLUT-KUMKM Kabupaten Cianjur berperan penting dalam proses perkembangan UMKM binaan. Strategi yang dilakukan oleh PLUT dalam menerapkan digital marketing yaitu dengan membuat program khusus yaitu inkubator bisnis. Program ini bertujuan untuk membantu perusahaan baru dalam tahap awal perkembangan usahanya. Dan salah satu cara pemerintah Kabupaten Cianjur dalam memberdayakan UMKM yaitu melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemasaran Produk UMKM Unggulan atau yang disebut Simpul Manjur, dimana aplikasi ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM agar dapat memasarkan produknya secara online.

Keywords


PLUT, Digital Marketing, UMKM

Full Text:

PDF

References


Anastasya, A. (2023). Data UMKM di Indonesia. Diakses pada 06 Januari 2024 melalui https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia

Carter, Anderson. (2019). Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-ciri Peran. Diakses pada 15 November 2023 melalui https://www.artikelsiana.com/2019/02/Pengertian-peran-fungsi-jenis-peran-ciri-syarat-para-Ahli.html

Chaffey. (2016). Tentang Pengertian Digital Marketing. Diakses pada 15 Desember 2023 melalui http://repo.darmajaya.ac.id/3517/5/7.%20Bab%20II.pdf#:~:text=Menurut%20Chaffey%20dan%20Chadwick%20%282016%3A11%29%2C%20Dedi%20Purwana%20%282017%3A2%29,pelanggan%20atau%20target%20konsumen%20untuk%20mencapai%20tujuan%20pemasaran.

Goffman, E. (2024). Pengertian Peran Menurut Ahli. Diakses pada 06 Juni 2024 melalui https://redasamudera.id/definisi-peran-menurut-para-ahli/

Jauhar, Arifin dan Luqqi. (2017). Peran Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Terhadap Perekonomian Ukm Perikanan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Tulungagung. Diakses pada 23 Oktober 2023 melalui http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7810/

Judijanto, L., & Nurrohman, R. TRANSFORMING THE BUSINESS WORLD: ANALYSIS OF SUSTAINABLE BUSINESS IMPLEMENTATION AND ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) IN GAINING INVESTOR TRUST.

Nisa, S. C. (2023). Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli. Diakses pada 16 Desember 2023 melalui https://www.teknatekno.com/25258/pengertian-iptek-menurut-para-ahli.html

Sugiyono. (2017). Cara Melakukan Analisis Data Menurut Miles dan Huberman. Diakses pada 17 April 2024 melalui https://repository.unpas.ac.id/43022/4/13.%20BAB%20III%20SKRIPSI.pdf

Sugiyono. (2018). Pengertian Teknik Sampling dan Jenisnya. Diakses pada 25 Mei 2024 melalui http://repository.stei.ac.id/2768/4/BAB%20III%20METODA%20PENELITIAN.pdf#

Sugiyono. (2019). Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli. : Krisnan. Diakses pada 21 Oktober 2023 melalui https://meenta.net/pengertian-metode-penelitian-kualitatif/

Tohar, M. (2022). Pengertian Usaha Mikro Menurut Ahli. Diakses pada 15 November 2023 melalui https://pengayaan.com/pengertian-usaha-mikro-menurut-para-ahli.html

Utami, T., Purnomo, B., Estiana, R., Padilah, H., Harto, B., Judijanto, L., ... & Nurrohman, R. (2024). UMKM DIGITAL: Teori dan Implementasi UMKM pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yula, A. M., & Nurrohman, R. (2025). ORKESTRASI DIGITAL MARKETING MELALUI SOCIAL MEDIA DI ERA DIGITAL TRANSFORMATION: SEBUAH UPAYA BERKELANJUTAN OLEH NF AKADEMI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(7), 2989-2999.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v13i2.19631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.