Implementasi Strategi Diferensiasi Menggunakan Analisis Strategi Generik Porter Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Kampus Vokasi (Studi Kasus pada Akademi Sekretari dan Manajemen Insulindo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi diferensiasi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada kampus vokasi Akademi Sekretari dan Manajemen Insulindo. Strategi diferensiasi dipilih sebagai pendekatan berdasarkan model strategi generik Porter, yang menekankan pada penciptaan nilai unik untuk membedakan institusi dari pesaing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap pimpinan institusi dan dosen, observasi terhadap proses pembelajaran, serta studi dokumentasi terhadap kebijakan institusi dan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi diterapkan melalui empat aspek utama, yaitu pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan industri, penyediaan fasilitas pembelajaran modern, peningkatan kolaborasi dengan sektor industri, serta penguatan soft skills mahasiswa. Implementasi strategi ini berdampak positif terhadap peningkatan relevansi lulusan dengan pasar kerja, kualitas pengalaman belajar mahasiswa, dan reputasi institusi di mata pemangku kepentingan. Penelitian juga merekomendasikan pengembangan lanjutan melalui pemanfaatan teknologi digital, seperti artificial intelligence dan big data, serta pembentukan model kolaborasi baru dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi diferensiasi merupakan faktor kunci dalam mendorong daya saing institusi vokasi, dan perlu adanya studi lanjutan untuk menilai dampak jangka panjangnya secara komparatif dengan institusi sejenis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B. Miles, M., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications, Inc.
Balamuralikrishna, R., & Dugger, J. C. (1995). SWOT Analysis: A Management Tool for Initiating New Programs in Vocational Schools. Journal of Vocational and Technical Education, 12(1).
Choirisa, S. F., & Harianto, A. (2021). Workshop Pengembangan Soft-Skills Bagi Siswa Vokasi Perhotelan Di Tangerang. Prosiding PKM-CSR, 825–830.
Darmawan, A. (2018). Evaluasi Kinerja Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Key Performance Indicators. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 45–56.
Fadya, S. R., & Febriani, A. (2024). Kolaborasi Industri Dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Vokasi. Jurnal Kerjasama Pendidikan, 5(1), 45–52.
Fadya Safitri Rahman, Agilia Febriani, D. (2024). Kolaborasi Sekolah dan Industri: Menyiapkan Siswa Untuk Dunia Kerja. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(3), 158–166.
Fitriani, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 123–134.
Hidayat, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Pengajar terhadap Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 1(67–78).
Hidayat, T. (2017). Peningkatan Kompetensi Dosen Melalui Pelatihan dan Sertifikasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 23(3), 300–310.
Ila Indah Pertiwi, G. E. (2025). Pengaruh Manajemen Kurikulum Berbasis Kompetensi Terhadap Kompetensi Soft Skills dan Hard Skills Lulusan SMA. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 75–78.
Nugroho, B. (2021). Integrasi Soft Skills dalam Kurikulum Pendidikan Vokasi. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 15(4), 89–101.
Nugroho, W. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 73–84.
Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.
Prasetyo, A. (2020). Relevansi Kurikulum Pendidikan Vokasi dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan Vokasi, 7(3), 158–167.
Prasetyo, H. (2020). Relevansi Kurikulum Pendidikan Vokasi dengan Dunia Industri: Pendekatan Outcome Based Education (OBE). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 26(3), 230–240.
Rahman, F. S., & Febriani, A. (2024). Model Kolaborasi Industri dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Vokasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Praktik Vokasi, 7(1), 55–64.
Sari, R., & Nugroho, S. (2021). Tantangan Pengelolaan Data Manual dalam Organisasi Pendidikan: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 123–135.
Sari, D. (2018). Peran Fasilitas Pembelajaran dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 34–45.
Suharno. (2016). Integration of SWOT-Balance Scorecard to Formulate Strategic Planning in the Technology and Vocational Education in Indonesia. Journal of Technical Education and Training, 8(2), 52–60.
Suharto, E. (2018). Strategi Diferensiasi dalam Meningkatkan Daya Saing Institusi Pendidikan. Jurnal Manajemen Strategis, 9(1), 34–45.
Wibowo, A. (2019a). Kolaborasi Industri dan Pendidikan Vokasi: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Teknologi, 6(2), 112–123.
Wibowo, A. (2019b). Strategi Pemasaran Program Studi Untuk Meningkatkan Daya Saing Institusi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 85–95.
Yenusi, S. W. W. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Learnıng Management System terhadap Efektıvıtas Pembelajaran Mahasıswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendıdıkan Unıversıtas Papua. SILAMPARI Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 5(1), 1–13.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (Fifth Editions). SAGE Publications, Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v13i3.19270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.