Pengaruh Price dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Scarlett Whitening di Tamalanrea
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tamalanrea dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Harga produk Scarlett Whitening pada masyarakat Kecamatan Tamalanrea memiliki nilai rata-rata 3,37 yang termasuk dalam kategori sangat sesuai. 2) Citra merek produk juga menunjukkan nilai rata-rata 3,37 yang termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Keputusan pembelian masyarakat terhadap produk ini memiliki nilai rata-rata 3,30 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. 4) Analisis menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 5) Citra merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 6) Secara keseluruhan, harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening pada masyarakat Kecamatan Tamalanrea.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, dkk. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone.” Journal of Business Administration (JBA) 3 (1): 38–46.
Alimin, dkk. 2022. Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Nusa Tenggara Barat: Seval Literindo Kreasi.
Ananta, N. M., Zaini, M., & Nurrohman, R. (2025). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI INTERVENING PADA FORE COFFEE DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 3643-3658.
Astuti dan Amanda A. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geografis (BMKG), 2023 (https://www.bmkg.go.id/iklim/prakiraan-musim.bmkg, diakses pada tanggal 12 Oktober 2023).
Compas.co.id. 2023. (https://compas.co.id/product-id/, diakses pada tanggal 26 Desember 2023).
Djajanto, Ludfi. 2020. Manajemen Pemasaran. Malang: Polinema Press.
Ernawati, Reni. 2021. “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Zalora Di Jakarta.” Business Management Analysis Journal (BMAJ) 4 (2): 80–98.
Firmansyah. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Undip.
Hariyanto, Didik. 2023. Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo: Umsida Press.
Indasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Khoirunnisa, dkk. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Nivea.” Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management 2 (1): 240–59.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Maramis dkk. 2022. Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Mediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan Apotek Mercke’Lkolongan. Jurnal EMBA, Vol 10, No 1 hal 41.
Nurrohman, R., Astuti, E. S., & Yulianto, E. (2023). The effect of e-CRM implementation and e-service quality on corporate image and customer satisfaction and its impact on customer loyalty. Profit: Jurnal Adminsitrasi Bisnis, 17(2), 167-179.
Peter dan Olson Jerry C. 2014. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.
Pratama, dkk. 2023. Prinsip Dasar Manajeman Pemasaran. jawa Tenga: Eureka Media Aksara.
Sanjiwani, Westra. 2022. “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Lip Cream Di PT Mandom Indonesia Tbk Bali Tahun 2022 The Influence Of Brand Image And Price On Pixy Lip Cream Buying Decision At Pt Mandom Indonesia Tbk Bali 2022.” Pendidikan Ekonomi FKIP 3 (2).
Setiawan, Rijal. 2020. “Pengaruh Citra Merek Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Vivo Smartphone Pada Pt Salim Surya Phone Di Samarinda.” Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul 8.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.
Triastuti1, Jayadi2, Zura. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Traveloka-1-PB.Pdf.” Manajemen Kewirausahaan 15 (1): 151–58.
Wibowo. 2019. Manajemen Pemasaran Edisi 1. Semarang: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v13i3.17610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.