PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP Unmul)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Intervening terhadap Intensi Berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman angkatan 2018-2020 yang telah menyelesaikan Pendidikan Kewirausahaan yang berjumlah 74 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan teknik Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha dan Intensi Berwirausaha. Kreativitas berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha dan Intensi Berwirausaha. Motivasi Berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap Intensi Berwirausaha. Pendidikan Kewirausahaan dan Kreativitas berpengaruh signifikan terhadap Intensi Berwirausaha melalui Motivasi Berwirausaha. Dalam meningkatkan Intensi Berwirausaha diperlukan penyampaian materi yang mudah dimengerti serta pemberian Motivasi Berwirausaha dari dosen dan memperbanyak praktek yang dapat mengasah Kreativitas mahasiswa Administrasi Bisnis Unmul.
Keywords
References
Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.
Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: Studi perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business (JIEB), 23(4), 369–384.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Herman, H. (2017). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Kegiatan Penyuluhan Kewirausahaan Yang Dilaksanakan Oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Terhadap Minat Berwirausaha di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 57–68.
Heryanto, I., & Triwibowo, T. (2018). Path Analysis Menggunakan SPSS dan Excel. Bandung: Informatika.
Hisrich, R. (2020). Entrepreneurship kewirausahaan.
Mugiyatun, M., & Khafid, M. (2020). Pengaruh Prakerin, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 100–118.
Munandar, U. (2009). Kreatifitas pengembangan anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nguyen, C. (2017). Entrepreneurial intention of international business students in Viet Nam: a survey of the country joining the Trans-Pacific Partnership. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 6(1), 1–13.
Nurikasari, F., Bakar, A., & Hariani, L. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Putri, N. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137–147.
Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Penerbit Kencana.
Saepudin, Tumanggor, S., & Dr. Zahrudim, L. (2017). Hubungan pendidikan Kewirausahaan Dengan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36126
Saroni, M. (2012). Mendidik dan melatih entrepreneur muda. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono, M. (2007). Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2001). Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung: Depdikbud.
Sujarweni, V. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.
Syarifah, T. R. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kopetensi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Trinity Auto di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 451. https://doi.org/10.54144/jadbis.v7i4.2752
Wahyuni, M., Sulindawati, N., & Yasa, I. (2018). Pengaruh sikap dan niat berperilaku patuh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).
Wibowo, S., & Pramudana, K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. Doctoral Dissertation, Udayana University. ojs.unud.ac.id
Wiek, W. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Inquiry pada Mahasiswa Semester III Program Studi Bahasa Indonesia STKIP PGRI Ngawi. Media Prestasi, 12(2).
Yudaruddin, R. (2014). Dampak tingkat konsentrasi terhadap kinerja dan stabilitas perbankan di Indonesia tahun 2003-2013. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 18(2), 278–286.
DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v12i4.13081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.