Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Layanan Cash On Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Produk Somethinc di Aplikasi TikTok Shop

Afifah Afifah

Abstract


Somethinc adalah produk brand skincare lokal yang sudah berhasil meraih kesuksesan dalam industri kecantikan dan perawatan kulit. Somethinc telah memanfaatkan fitur marketplace di TikTok shop dan memiliki rating yang tinggi, review produk yang banyak dan juga mengaktifkan layanan bayar ditempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, online customer rating dan layanan cash on delivery (COD) terhadap keputusan pembelian pada pengguna produk Somethinc di aplikasi TikTok shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk Somethinc di aplikasi TikTok Shop dengan sampel yang didapatkan sebanyak 97 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Formulir. Data diolah menggunakan software IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan layanan cash on delivery berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel online customer review, online customer rating dan layanan cash on delivery berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Online Customer Review, Online Customer Rating, Layanan Cash On Delivery (COD), Keputusan Pembelian, Somethinc

References


Ardianti, A. N., & Widiartanto, D. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 1–11.

Compas.co.id. (2022). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/

Devita, V. D. (2020). Somethinc, Some By Mi dan The Ordinary Review Produk Paling Banyak Ditonton Di Tiktok. Iprice. https://iprice.co.id/trend/insights/produk-skincare-mana-yg-paling-banyak-ditonton-di-tiktok/

Dihni, vika azkiya. (2022). Pengguna TikTok Terus Bertambah sampai Kuartal I 2022. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/pengguna-tiktok-terus-bertambah-sampai-kuartal-i-2022

Kemkominfo. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Kementrian Komunikasi Dan Insformatika. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media

Kuncoro, M. (2011). Metode Kuantitatif Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi (Keempat). Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Martini, L. K. B., & Dewi, L. K. C. (2021). Pengaruh Media Promosi Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 38–54.

Mayangsari, & Aminah, S. (2022). Pengaruh Penilaian Produk, Promosi dan Layanan COD (Bayar di Tempat) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Sidoarjo. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 498–505. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.592

Mokodompit, H. Y., Lampian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa dan Alumni Equil Choir FEB UNSRAT). Jurnal EMBA, 10(3), 975–984.

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131–140. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D. Alfabeta.

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(2), 579–599. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.487

Ulfa, W. S., & Fikriyah, K. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim di TikTok Shop. Jurnal EKonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), 106–118.

Wahyuni, I. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Purchase Decision (Studi pada Calon Konsumen Tiktokshop di Kota Malang). Universitas Muhammadiyah Malang.

Yuniarti, N., Ismawati, A., & Aini, A. N. (2020). Pengaruh Promosi Online Melalui Tiktok Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Proceedings The 1st UMYGrace 2020 (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference), 1(1), 500–509.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v12i4.12697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.