Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rainbow Bubble And Coffee Di Samarinda

Permata Indah Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial dan simultan pada Rainbow and Coffee di Samarinda. Dengan menggunakan 85 sampel yang didapat menggunakan rumus slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria pernah membeli produk Rainbow Bubble and Coffee minimal 1 kali. Adapun pengujian pada penelitian ini menggunakan output SPSS dan teknik analisis data yang digunakan adalah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian ini adalah kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kemudian pada kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Rainbow Bubble and Coffee di Samarinda. Dan nilai r square yang didapatkan adalah sebesar 36,1% artinya variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan atau memberikan kontribusi sebesar 36,1% terhadap kepuasan konsumen, sedangkan sisanya yaitu sebesar 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.


Keywords


Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen

References


alliedmarketresearch.com. (2020, April). Bubble Tea Market by Base Ingredient (Black Tea, Green Tea, Oolong Tea, and White Tea), Flavor (Original Flavor, Coffee Flavor, Fruit Flavor, Chocolate Flavor, and Others), and Component (Flavor, Creamer, Sweetener, Liquid, Tapioca Pearls, and Others): Gl. Retrieved from alliedmarketresearch.com: https://www.alliedmarketresearch.com/bubble-tea-market

Amrullah, S. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warunk Upnormal Cafe. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 27-39.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, S. (2018). Metode Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Penerbit Andi.

Dianka. (2021, Januari 4). Bakal Melejit 2021, Industri Makanan dan Minuman Bisa Tumbuh 4,39 Persen. Retrieved from TrenAsia: https://www.trenasia.com/bakal-melejit-2021-industri-makanan-dan-minuman-bisa-tumbuh-439-persen/

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herdalena. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Variasi Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Switching Intention.

Hermawan, S. R. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Ilmi, V. &. (2020). MINUMAN KEKINIAN DI KALANGAN MAHASISWA DEPOK DAN JAKARTA. Indonesian Journal of Health Development, 83-91.

Listiorini. (2020, Oktober 9). 20 Minuman yang Lagi Hits dan Kekinian di Tahun 2021. Retrieved from Bacaterus.com: https://bacaterus.com/minuman-yang-lagi-hits/

Ningrat, M. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Yotta Milk Cabang Talasalapang.

Phillip Kotler & Amstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Pradipta, I. G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Yang Coffee Singaraja. PROSPEK Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Santoso, W. &. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Kecantikan Sociolla. Agora.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2002). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susilawati, D. (2019, September 26). Sejarah Munculnya Minuman Boba. Retrieved from Republika : https://ameera.republika.co.id/berita/pyf4f2328/sejarah-munculnya-minuman-boba

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran ed. 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Umami. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. . Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi.

Umar. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RAJAWALI PERS.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v12i3.12163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.