Pengaruh Endorsement dan Personal Branding Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Jasa Titip Akun Instagram @lela_calizta

Siska Danny

Abstract


Akun instagram @lela_calizta merupakan salah satu akun instagram yang terjun dalam bisnis jasa titip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah endorsement dan personal branding secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen pada jasa titip akun instagram @lela_calizta serta untuk mengetahui apakah endorsement dan personal branding secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap minta beli konsumen pada jasa titip akun instagram @lela_calizta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Variabel independen endorsement dan personal branding, sedangkan variabel dependen adalah minat beli konsumen. Sampel adalah konsumen yang telah menggunakan jasa titip akun instagram @lela_calizta lebih dari satu kali yang berjumlah 65 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa endorsement terdiri dari trustworthiness, ekspertise, attractiveness, respect, similary secara berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada jasa titip akun instagram @lela_calizta, dan personal branding yang terdiri dari competency, connectivity, creativity, compliance & contribution secara berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada jasa titip akun instagram @lela_calizta. Serta hasil penelitian menunjukan personal branding sebagai variabel yang paling dominan terhadap minat beli konsumen pada jasa titip akun instagram @lela_calizta.


Keywords


Endorsement; Personal Branding; Minat Beli Konsumen



DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i4.11487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.