Pengaruh Kurs Rupiah, Inflasi, Dan Harga Minyak Mentah Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Dhea Rahmadani Ananda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, baik secara parsial maupun simultan, pengaruh variabel Kurs Rupiah, Inflasi dan Harga Minyak Mentah Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019 baik secara parsial maupun simultan. Periode pengamatan selama 5 tahun yaitu periode 2015-2019 yang di publikasikan Bank Indonesia dan Bursa Efek Indonesia dengan teknis analisis data dan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan uji F (simultan) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kurs Rupiah, Inflasi dan Harga Minyak Mentah Dunia terhadap Indeks Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Dari hasil uji T (parsial) menunjukkan bahwa variabel Kurs Rupiah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan, variabel Inflasi terdapat berpengaruh negatif signifikan terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan dan variabel Harga Minyak Mentah Dunia terdapat berpengaruh signifikan terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan.

Keywords


Kurs Rupiah; Inflasi; Harga Minyak Mentah Dunia; Indeks Harga Saham



DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i4.11102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.