Analisis Pengembangan Standar Operasional Prosedur Sebagai Langkah Peningkatan Kualitas Produk Pada UKM Kaya Rasa Di Samarinda

Derit Septian Nurmalasari

Abstract


UKM Kaya Rasa adalah usaha pengolahan hasil laut sebagai bahan olahannya. Penelitian bertujuan untuk menganalisis bagaimana SOP yang diterapkan dapat menjadi langkah inovatif dalam meningkatkan kualitas produk.Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif berfokus pada studi kasus. Teknik pengumpulan menggunakan metode wawancara kepada narasumber utama, lalu dikembangkan menjadi sebuah hasil analisis penelitian.Kesimpulan yang didapat 1) Standar operasional prosedur yang dibuat UKM Kaya Rasa telah mengalami beberapa perubahan ke arah yang baik. Sebelumnya standar operasional prosedur yang dibuat masih berupa langkah biasa dalam produksi tanpa mengetahui rincian tugas masing-masing karyawan. Namun dengan adanya perbaikan terus menerus membuat standar operasional prosedur semakin terperinci, baik dari tugas masing-masing karyawan siapa penanggung jawab dan waktu dalam proses produksi. Hal ini yang membuat proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien. 2) Standar operasional prosedur, berdampak baik bagi produk yang dihasilkan meliputi peningkatan kualitas produk dari segi rasa dan ketahanan produk. Inilah yang membuat terjadinya peningkatan penjualan produk. Rekomendasi 1) Untuk tidak berhenti melakukan inovasi bertujuan untuk pembaruan terhadap SOP agar menjadi lebih baik. 2) Perlunya melengkapi SOP yang ada dengan menambahkan dasar hukum yang melandasi mengapa SOP tersebut dibuat dan harus dijalankan. Serta melengkapi SOP dengan kode tiap bagian yang dapat lebih mempermudah karyawan dalam memahami SOP. 3) Membuat jadwal rutin pasti untuk melakukan evaluasi bersama dengan seluruh karyawan, yang berguna untuk mengetahui apa yang perlu ditambahkan atau diperbarui dalam proses produksi yang nantinya akan dimasukkan sebagai pembaruan dari SOP yang ada.

 


Keywords


Standar Operasional Prosedur; Pengembangan; Kualitas Produk



DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i4.11009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.