Analisis Komparasi Kinerja Keuangan Sebelum Dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Farmasi Milik BUMN Yang Terdaftar Di BEI Periode 2019-2020

Rezaldi Rezaldi

Abstract


Kinerja keuangan merupakan gambaran informasi yang sangat penting dalam menilai kondisi perusahaan atas aktivitas yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kinerja keuagan antara sebelum dan saat terjadi pandemi covid-19 pada perusahaan farmasi milik BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian komparatif pendekatan kuantitatif dengan membandingkan kinerja keuangan tahun 2019 yang menggambarkan sebelum pandemi covid-19 dan kinerja keuangan tahun 2020 yang menggambarkan saat terjadinya pandemi covid-19. Dalam penelitian in data yang digunakan adalah data skunder dikumpulkan dengan metode dokumentasi yang sumber datanya berasal dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. Hasil pengujian mengguna uji wilcoxon signed rank test yang menunjukkan tidak ada perbedaan kinerja keuangan antara sebelum dan saat terjadi pandemi covid-19 yang diukur dengan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas dan rasio nilai pasar.


Keywords


Covid-19; Kinerja Keuangan; Likuiditas; Solvabilitas; Profitabilitas; Aktivitas; Nilai Pasar.



DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i4.10977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.