Persepsi Halal, Harga, Serta Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Jajanan Korea Pada UMKM Dokkebi_Koreanhotdog

Nur Aisyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi halal dan harga serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen UMKM Dokkebi_koreanhotdog Cabang Jl. Kadrie Oening dengan menggunakan sampel non-probability sampling dengan teknik sampling insidental dan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisi data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda, serta menggunakan alat analisis statistik dengan bantuan program computer SPSS ver 25.0 untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa variabel persepsi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. UMKM Dokkebi_koreanhotdog perlu memperhatikan harga serta menjaga kualitas produk dengan melihat indikator-indikator yang dapat meningkatkan keputusan pembelian dan keuntungan UMKM serta meningkatkan kepuasan konsumen agar dapat mempertahankan loyalitas konsumen.

 

Kata Kunci : Persepsi Halal; Harga; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian


References


Alfian, I., & Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan. At-Tawassuth, 2(1), 122–145. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth

Alim, Shilachul Alfinul, D. (2018). Pengaruh Persepsi Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim ( Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang ). 62. No 1.

Arindanvts. (2020). Korean Wave atau Hallyu, Demam Baru di Masyarakat. Kumparan. https://kumparan.com/arindanvts/korean-wave-atau-hallyu-demam-baru-di-masyarakat-1usNNFcLB6U

Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.

Hanifah, nur dan muhammad ridwan. (2018). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral AINIQUA (Studi Pada Konsumen Di 212 Mart Garuda). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., X, 1–24.

Hanifah, N., & Ridwan, M. (2020). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral AINIQUA (Studi Pada Konsumen Di 212 Mart Garuda). Jurnal Al-Qasd, 2(1), 49–60.

Ilmu, F., Politik, I., Mulawarman, U., Muara, J., No, M., & Kelua, G. (2023). Faktor-Faktor Prediktor Keputusan Pembelian : Studi Pada Konsumen Percetakan Mbak-An Samarinda. 11(1), 17–26.

Kurnianingsih, R. D. dan R. U. A. (2022). Pengaruh Persepsi Label Halal, Endorsement, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Kosmetik Wardah di Kota Madiun. September.

Lestari, W. S. dan, & Yusuf, A. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Manajemen, Jurnal Ekonomi, 5(November), 94–101.

Sahara, N. I. dan F. A. P. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada. Jakarta, Wilayah Pemasaran, Manajemen Ekonomi, Fakultas Jakarta, Universitas Muhammadiyah Kh, Jl Dahlan, Ahmad Selatan, Ciputat Jakarta, 1177.

Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Statistik, B. P. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Agama yang dianut di Kota Samarinda (Jiwa), 2019-2021. https://samarindakota.bps.go.id/indicator/12/217/1/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-dan-agama-yang-dianut-di-kota-samarinda.html




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i3.10876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.