Faktor Penentu Keputusan Pembelian Printer Epson Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman

Muhammad Adee Karunia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian printer Epson pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mulawarman, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan alat pengukur data menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada metode kuantitatif adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi.

Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Alat uji data menggunakan SPSS versi 22. Kualitas produk (2.002>1.660, sig 0,048), harga (2.224>1660, sig 0,028) dan citra merek (3.294>1.660, sig 0,001) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dan berpengaruh secara simultan (28.574>2.70) terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kualitas produk; Harga; Citra merek; Keputusan pembelian

Keywords


Kualitas produk; Harga; CItra merek; Keputusan pembelian

References


Agustina, Eka. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian One Push Vape Di Kecamatan Kertosono”. Simki-Economic, 01(09), 16.

Amilia, Suri, dan Asmara, M. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660-669.

IDC. 2017. Asia /Pacific Quarterly Hardcopy Peripherals Tracker, 2017 Q4. International Data Corporate. https://idc.com

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, Philip. 2017. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Amstrong, Gary. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: PT Salemba Empat.

Kotler, Philip., Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, A. R. 2014. Total Marketing, Segala Hal Tentang Marketing dan Bagaimana Menjadi Sales Handal. Kobis.

Monawarah, S. 2017. “Pengaruh Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh 2 Daun di Plaza Mulia Kota Samarinda”. Ejournal Administrasi Bisnis, 2017, 5 (1): 205-216 ISSN 2355-5408, 5(1), 205-216.

Nielsen. 2019. Changing Consumer Prosperity. United States: The Nielsen Limited Liability Company

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Peneltitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Pengantar Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Usman, S. 2019. Epson Raih Penjualan Printer Inkjet Teknologi Tinta 40 Juta Unit di Dunia. Merdeka. Merdeka.com. https://www.merdeka.com/teknologi




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i3.10478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.