Analisis Kualitas Website terhadap Kepuasan Pengguna Alodokter dengan Metode Webqual 4.0

Fahrisa Rahma Putri

Abstract


Berkembangnya dunia digital memberikan kepuasan pengguna internet yang sekarang berperan pula dalam membantu permasalahan kehidupan masyarakat seharihari dalam berbagai bidang termasuk pada bidang kesehatan yang sering disebut Health-Tech. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website pada Health-Tech mampu mempengaruhi kepuasan penggunanya pada website Alodokter. Alodokter merupakan website Health-Tech kesehatan pertama yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang kualitas website dengan menggunakan metode Webqual 4.0 pada sistem informasi. penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey penelitian pada pengguna website Alodokter dengan kriteria tertentu dan kemudian hasil penelitian diolah menggunakan SPSS ver 25. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa variabel pada webqual 4.0 yaitu kualitas penggunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan berpengaruh sebesar 55% terhadap kepusaan pengguna dengan nilai R square 0,555. pada uji F dihasilkan nilai F hitung 54,466, kemudian pada uji t variabel kualitas penggunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan masing-masing memiliki nilai t hitung 0,858< 1,97824, 6,838>1,97824 dan 3,665>1,97824.

 


Keywords


Administrasi Bisnis; Jurnal Administrasi Bisnis; Fisipol; Ilmu Sosial Politik; Social Science

References


Aditiya, A. (2017) Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual Pada Website www.wingscorp.com, Jurnal Sistem informasi dan Komputer Akuntansi.

Alodokter (2022) Alodokter, Alodokter. Available at: https://www.alodokter.com/about (Accessed: 24 May 2022).

Apriliani, D. (2020) ANALISIS KUALITAS WEBSITE DETIK.COM MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE-

PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Pada Anggota Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman). Univeritas Mulawarman.

Bianda, L. (2020) Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet, Kumparan. Available at: https://kumparan.com/kumparantech/riset-64- penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp/full (Accessed: 22 September 2020).

Daon001 (2019) Layanan Kesehatan dan Kemajuan Teknologi Digital, Kominfo.com. Available at: https://www.kominfo.go.id/content/detail/17698/layanan-kesehatan-dan- kemajuan-teknologi-digital/0/sorotan_media (Accessed: 25 January 2022).

Desfika, T. S. (2021) Selama Pandemi, ALFI: Belanja Online Naik 37%, Invertor.id. Available at: https://investor.id/business/276132/selama- pandemi-alfi-belanja-online-naik-37 (Accessed: 25 January 2022).

Google (2022) Rating dan Ulasan di Play Store - Google Play, google play. Available at: https://play.google.com/intl/id_id/about/comment-posting- policy/ (Accessed: 25 January 2022).

Herliawan, I., Ghani, M. A. and Firdaus, M. R. (2019) ‘Analisis Kualitas Portal Media Online Inilahtasi.com Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0’, Sistem Informasi, 11(2), pp. 111–

Available at: http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1781%0Ahttps://ijns.or g/journal/index.php/ijns/article/download/1781/1669.

Kurniawati, R. A., Kusyanti, A. and Mursityo, Y. T. (2018) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(3), pp. 1151–1160.

Nurhaliza, S. (2019) Analisis Kualitas Website E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 Di Batam. Universitas Internasional Batam. doi: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1974.

Peraturan Presiden (2018) ‘Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan’. Available at: https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2018/82TAHUN2018PERPRES.pdf

.

Prasetiyo, D. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik Dan Kualitas Informasi Aplikasi Mobile Alodokter Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau’, Journal of Chemical Information and Modeling, 6(0), p. 7.

Putra, M. A. (2020) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan Pengguna Jasa Paket Tour Pada Travel Mahatalla Graha Tour Samarinda’, Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(4), p. 300. doi: 10.54144/jadbis.v8i4.3968.

Rukmiyati, N. M. S. and Budiartha, I. K. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntasi (Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali)’, Klabat Accounting Review, 1(2), p. 1. doi: 10.31154/kar.v1i2.475.1-11.

Sastika, W. (2016) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website e-commerce Traveloka’, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016), 2016(Sentika), pp. 18–19.

Setiyorini, A. (2016) ‘Analisa pengukuran kualitas layanan website menggunakan metode WebQual’, Jurnal Informasi Interaktif, 1(1), pp. 26–33.

Sugiyono (2016) Statistika untuk Penelitian. 27th edn. Bandung: ALFABETA.

Umami, W. H. (2018) Analisis kualitas layanan website e-filing menggunakan metode webqual dan ipa (studi kasus: kpp pratama palembang), dalam jurnal Metode, E-filing Menggunakan Dan, Webqual. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Available at: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3450%0A.

Wicaksono, B. D. (2020) Ini 7 Aplikasi Terbaik untuk Berkonsultasi dengan Dokter Secara Online, IDN Times. Available at: https://www.idntimes.com/tech/gadget/nena-zakiah-1/aplikasi- konsultasi-dengan-dokter-secara-online-terbaik (Accessed: 25 January 2022).

Yusra, Y. (2018) Layanan Healthtech di Asia Berkembang Pesat, di Indonesia Belum Signifikan, Dailysocial.id. Available at: https://dailysocial.id/post/healthtech-di-asia (Accessed: 17 April 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i3.10465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.