Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Front Office Department Pada Hotel Grand Victoria Samarinda

Zainuddin Firdaus

Abstract


Front Office Department pada hotel dapat dikatakan sebagai ujung tombak hotel. Departemen tersebut bertugas penting untuk memenuhi target penjualan kamar hotel maupun even serta pusat informasi untuk tamu. Dalam mencapai tujuannya, peran kepemimpinan manajer sangat penting untuk meningkatkan kinerja. Kinerja karyawan tidak akan efektif jika tidak ada keselarasan antara pemimpin dan bawahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan dalam peningkatan kinerja karyawan Hotel Grand Victoria Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang dimulai dari berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Data tersebut baik dari studi pustaka dan penelitian lapangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manajer dinilai berhasil meningkatkan kinerja karyawan front office dilihat dari kemampuan handle pelayanan, permintaan, dan complaindari tamu sangat baik. Kuantitas kinerja karyawan di juga mengalami kenaikan hingga 70% dari jumlah kamar dalam satu bulan penuh.

 


Keywords


Kepemimpinan; Kinerja; Front Office; Hotel

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R., & Scott, N. (2014). Managing the front office department: Staffing issues in Malaysian hotels. Anatolia, 25(1), 24–38.

Anwar, G., & Abdullah, N. N. (2021). The impact of Human resource management practice on Organizational performance. International Journal of Engineering, Business and Management (IJEBM), 5.

Arghode, V., Lathan, A., Alagaraja, M., Rajaram, K., & McLean, G. N. (2022). Empathic organizational culture and leadership: conceptualizing the framework. European Journal of Training and Development, 46(1/2), 239–256.

Ferreira, R., Pereira, R., Bianchi, I. S., & da Silva, M. M. (2021). Decision factors for remote work adoption: advantages, disadvantages, driving forces and challenges. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 70.

Giebels, E., & Janssen, O. (2020). Conflict stress and reduced well-being at work: The buffering effect of third-party help. In Conflict in Organizations: Beyond Effectiveness and Performance (pp. 137–155). Psychology Press.

Gustriansyah, R., Nadia, W., & Sofiana, M. (2019). Komparasi Metode Peramalan Jumlah Permintaan Kamar Hotel. Jurnal Informatika Global, 9(2).

Hafeez, I., Yingjun, Z., Hafeez, S., Mansoor, R., & Rehman, K. U. (2019). Impact of workplace environment on employee performance: mediating role of employee health. Business, Management and Economics Engineering, 17(2), 173–193.

Kirana, K. C., & Ratnasari, R. T. (2017). Evaluasi kinerja sumber daya manusia (SDM). Gosyen Publishing, Sleman Yogyakarta.

Nikolskaya, E. Y., Lepeshkin, V. A., Kulgachev, I. P., Matveev, A. A., &

Lebedeva, O. Y. (2020). Perfection of quality management of hotel services. Journal of Environmental Management and Tourism, 11(2 (42)), 417.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., & Lisya, M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Seijts, G. H., & Milani, K. Y. (2022). The application of leader character to building cultures of equity, diversity, and inclusion. Business Horizons, 65(5), 573–590.

Tannenbaum, R., & Schmidt, W. H. (2017). How to choose a leadership pattern. In Leadership perspectives (pp. 75–84). Routledge.

Warella, S. Y., Revida, E., Abdillah, L. A., Pulungan, D. R., Purba, S., Firdaus, E., Tjiptadi, D. D., Faisal, M., Lie, D., & Butarbutar, M. (2021). Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia. Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i2.10044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.